Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi I Apresiasi Kinerja KBRI Laos Dalam Upaya Pulangkan Tiga WNI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 28 Januari 2020, 13:55 WIB
Komisi I Apresiasi Kinerja KBRI Laos Dalam Upaya Pulangkan Tiga WNI
Anggota Komisi I DPR, Bobby Adhityo Rizaldi/RMOL
rmol news logo Duta Besar RI di Laos, Prartito Soeharyo telah melakukan  pertemuan khusus dengan Menteri Kehakiman dan Hukum Laos dalam rangka membicarakan hubungan bilateral kedua negara, dan salah satunya membahas nasib tiga WNI yang terlibat kasus kejahatan.

Tiga WNI itu adalah Raden Tomon, Fadli Al-Faresi, dan Ali Mukti yang pada tahun 2010 dinyatakan bersalah atas keterlibatannya pada peristiwa perampokan.

Setelah mereka menjalani hukuman selama enam tahun, sesuai ketentuan hukum di negara tersebut maka akan dipertimbangkan untuk diberikan keringanan dalam hal tambahan hukuman lain, yaitu mengembalikan hasil rampokannya.

Selain itu UU Laos juga mewajibkan pelaku perampokan untuk membayar kembali kerugian yang ditimbulkan kepada korban.

Maka dalam pertemuan tersebut, KBRI Laos telah melakukan beberapa langkah  dan upaya agar ketiga WNI itu dipermudah untuk kembali ke Tanah Air. KBRI juga telah menunjuk penasehat hukum serta terus berupaya agar kepastian hukum mereka segera didapat.
 
“Kami telah menunjuk penasehat hukum dan terus berupaya agar ketiga WNI itu segera mendapatkan kepastian hukum, mohon doanya,” ungkap Pratito.

Komisi I DPR RI pun memberikan apresiasi atas kinerja Dubes RI di Laos dalam langkah mencari kepastian hukum tiga WNI pasca terlibat dalam tindak kejahatan di negara tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi dengaan langkah KBRI Laos, yaitu pak Prartito Soeharyo yang tengah mengupayakan perlindungan yang maksimal terhadap tiga WNI yang saat ini masih ditahan di Laos," ujar anggota Komisi I DPR, Bobby Adhityo Rizaldi kepada wartawan, Selasa (28/1).

Dalam hal langkah yang sudah dilakukan KBRI itu, Bobby pun berharap semua dapat berjalan baik dan tiga WNI itu dapat pulang ke Indonesia.
 
"Semoga apa yang diupayakan dapat berjalan lancar dan ketiga WNI tersebut dapat segera kembali ke tanah air,” kata politisi Partai Golkar ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA