Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Copot Ronny Sompi, Yasonna Laoly: Supaya Tidak Ada Konflik Kepentingan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 28 Januari 2020, 17:06 WIB
Copot Ronny Sompi, Yasonna Laoly: Supaya Tidak Ada Konflik Kepentingan
Ronny F. Sompie/Net
rmol news logo Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly mencopot Ronny F. Sompie sebagai Direktur Jenderal Imigrasi, Kemenkumham.

Ronny dicopot untuk menghindari bias kepentingan terkait pembentukan tim gabungan untuk menyelidiki kesalahan informasi soal catatan perjalanan tersangka KPK dalam kasus suap Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Harun Masiku.

"Supaya tidak ada konflik kepentingan dalam tim independen itu, saya sudah memfungsionalkan Dirjen Imigrasi (Ronny)," kata Yasonna di Istana Kepresidienan Jakarta, Selasa (28/1).

Yasonna sebelumnya menyebutkan Kemenkumham akan membentuk tim independen berkaitan dengan simpang siur keberadaan buronan KPK yang juga politisi PDIP, Harun Masiku.

Harun menjadi tersangka dalam kasus dugaan suap Komisioner KPU, Wahyu Setiawan. Dia sempat dikabarkan berada di Singapura. Tetapi belakangan Imigrasi memastikan dia berada di Indonesia sejak 7 Januari 2020.

Dikatakan Yasonna, untuk mengisi jabatan Ronny maka dianggkat pelaksana harian Dirjen Imigrasi. Yakni, Inspektorat Jenderal Jhoni Ginting.

"Saya ingin tim ini bisa bekerja independen dalam penelusuran itu, makanya saya memfungsionalkan Dirjen Imigrasi," demikian Yasonna. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA