Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

ICW: Ikut Bertanggung Jawab, Yasonna Juga Harus Dicopot

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 28 Januari 2020, 18:18 WIB
ICW: Ikut Bertanggung Jawab, Yasonna Juga Harus Dicopot
Yasonna H. Laoly/Net
rmol news logo Pencopotan Ronny F. Sompie sebagai Dirjen Imigrasi Kemenkumham dinilai tidak cukup. Sebab, jabatan tertinggi pada institusi kementerian itu Menkumham Yasonna H. Laoly.

Begitu disampaikan peneliti dari Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana saat dikondirmasi wartawan di Jakarta, Selasa (28/1).

"Lebih baik Yasonna Laoly juga dicopot oleh Presiden Joko Widodo. Sebab, bagaimana pun dia merupakan otoritas tertinggi Kementerian Hukum dan HAM," kata Kurnia.

Dia menilai, Kemenkumham telah diduga menyebarkan informasi sesat kepada publik soal keberadaan buronan KPK, yaitu kader PDI Perjuangan Harun Masiku.

Terlebih, Yasonna sempat "ngotot" bahwa Harun berada di luar negeri sejak 6 Januari 2020. Padahal, Harun terpantau melintas di Bandara Soekarno-Hatta masuk Indonesia pada 7 Januari 2020.

"Faktanya dia (Yasonna) telah berkata tidak sesuai dengan fakta terkait keberadaan Harun Masiku. Jadi harusnya Yasonna ikut bertanggung jawab atas situasi hari ini," tegas Kurnia.

Lebih jauh, Kurnia menilai efek yang timbul dari kekeliruan informasi yang pernah ditekankan Yasonna soal keberadaan Harun yang diralat oleh Direktorat Jenderal Imigrasi sangat bahaya.

"Kerja penegak hukum jadi terganggu karena mempercayai begitu saja pernyataan Yasonna," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA