Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

TPDI: Ronny Dicopot Karena Kebohongan Yasonna Laoly

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 28 Januari 2020, 20:24 WIB
TPDI: Ronny Dicopot Karena Kebohongan Yasonna Laoly
Ronny F. Sompie/Net
rmol news logo Pencopotan Dirjen Imigrasi Ronny F. Sompie oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly patut diduga berkaitan dengan pengungkapan keberadaan Harun Masiku.

Harun adalah buronan KPK dalam kasus dugaan suap kepada eks Komisioner KPU, Wahyu Setiawan. Harun diduga menyuap Wahyu untuk menjadi anggota DPR RI mewakili PDIP lewat mekanisme pergantian antar waktu.

“Jadi terkait dengan pemberhentian atau dicopotnya Ronny F. Sompie dari Dirjen Imigrasi, tidak terlepas dari pengungkapan tentang keberadaan Harun Masiku,” ujar Koordinator TPDI Petrus Selestinus kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (28/1).

Petrus menjelaskan berdasarkan keterangan Yasonna, tanggal 16 Januari kemarin yang menyebutkan Harun masih berada di Singapura.

Sedangkan Dirjen Imigrasi Ronny berkata lain. Dia menyebut Harun Masiku telah kembali ke Indonesia sejak tanggal 7 Januari sehari setelah adanya penangkapan Wahyu oleh tim penyidik KPK.

Atas dasar itulah, menurut Petrus, Yasonna berani mencopot mantan Kadiv Humas Mabes Polri tersebut dari jabatannya.

“Inilah yang membuat perbedaan tentang waktu dan keberadaan Harun Masiku yang berakibat Menkumham berbohong atas kebenaran yang diungkap Ronny Sompie,” katanya.

Menurutnya, Ronny telah berkata jujur ke publik mengenai keberadaan Harun lantaran pihaknya mengantongi data akurat perihal keluar masuknya warganegara Indonesia.

“Pertanyaannya kenapa Ronny Sompie yang dicopot Yasonna? Ronny dicopot atas kebohongan Yasonna, kenapa Yasonna menyampaikan ke media tidak mencek kebenarannya terlebih dahulu ke Dirjen Imigrasi karena dia yang paham siapa saja yang keluar masuk Indonesia,” urainya.

Dengan dalih Yasonna mencopot Ronny untuk menghindari konflik kepentingan, Petrus justru melihat Yasonna lah yang memiliki konflik kepentingan dalam perkara Harun Masiku.

“Yasonna yang punya konflik kepentingan bukan Ronny, dia (Ronny) bukan polisi tidak ada konflik kepentingan dia di kasus ini,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA