Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pencabutan Bebas Visa Penting Untuk Cegah Indonesia Jadi Sasaran Pengungsi WNA China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 29 Januari 2020, 00:49 WIB
Pencabutan Bebas Visa Penting Untuk Cegah Indonesia Jadi Sasaran Pengungsi WNA China
Hikmahanto Juwana/Net
rmol news logo Guru besar hubungan internasional Ukniversitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana angkat bicara mengenai pernyataan Menteri Hukum dan HAM yang menyatakan akan mencabut bebas visa ke China terkait adanya wabah virus corona.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hikmahanto berpendapat, pencabutan kebijakan bebas visa ini, harus dipandang sebagai suatu yang penting dan mendesak dalam rangka menekan warga China yang belum tentu terpapar Virus Corona untuk mengungsi ke Indonesia.

“Negara yang memberikan fasilitas bebas visa adalah negara ideal yang dituju untuk mengungsi,” ujar Hikmahanto lewat siaran persnya yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (28/1).

Dalam konteks demikian pemberian bebas visa yang awalnya untuk meningkatkan jumlah wisata justru dimanfaatkan untuk mengungsi.

Bila modus ini terjadi maka suatu pemerintah Indonesia akan direpotkan untuk mengawasi para warga asal China yang tinggal melebihi waktu visanya.

“Oleh karenanya adalah tepat bila Presiden Jokowi saat ini mencabut kebijakan bebas visa untuk warga China,” tandasnya.rmol news logo article



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA