Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

MPR: Persahabatan Dengan China Mestinya Permudah Evakuasi WNI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 29 Januari 2020, 14:43 WIB
MPR: Persahabatan Dengan China Mestinya Permudah Evakuasi WNI
Hidayat Nur Wahid/Net
rmol news logo Pemerintah diminta segera mengevakuasi 243 warga negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Kota Wuhan, China. Persahabatan Indonesia dengan China semestinya bisa memudahkan untuk mengevakuasi WNI.

Begitu kata Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/1).

"China kan sahabatnya Indonesia, masak nggak diizinkan? Kalau serius, saya yakin akan diizinkan," ujar wakil ketua Dewan Syuro DPP PKS itu.

Menurutnya, negara-negara lain sudah melakukan evakuasi terhadap warga yang berada di Kota Wuhan. Termasuk, Amerika Serikat (AS) yang notabene musuh dalam perang dagang dari China.

Berkaca itu, pemerintah mesti serius dalam mengupayakan evakuasi WNI.

"Amerika Serikat disebutnya sebagai musuh dagangnya China diizinkan kok. Sudah 240 warga Amerika dievakuasi. China kan sahabatnya Indonesia, masak nggak diizinkan?" tegasnya.

Jika pemerintah serius ingin menyelamatkan warga, maka pemerintah mesti melakukan langkah kongkret. Salah satunya memanfaatkan kedekatan Indonesia dengan China.

"Jadi ini menurut saya hanya menandakan Indonesia tidak serius untuk melakukan tindakan maksimal melindungi seluruh warga bangsa Indonesia," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA