Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Surya Paloh Tidak Tutup Kemungkinan Dorong Nasdem Bentuk Pansus Jiwasraya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 29 Januari 2020, 17:18 WIB
Surya Paloh Tidak Tutup Kemungkinan Dorong Nasdem Bentuk Pansus Jiwasraya
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh/Net
rmol news logo Fraksi Partai Nasdem memang turut menyepakati pengungkapan fakta skandal Jiwasraya melalui panitia kerja (panja) di DPR. Namun demikian, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh tidak menutup kemungkinan mendorong kadernya untuk membentuk panitia khusus (pansus).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Surya mengatakan bahwa pihaknya memandang jiwasrayagate sebagai kasus besar. Apalagi, potensi kerugian negara yang diakibatkan mencapai Rp 13,7 triliun. Oleh karenanya, kasus ini perlu dituntaskan secara menyeluruh.

"Kalau memang memungkinkan penyelesaian melalui pansus jauh memungkinkan, lebih bagus, lebih optimis kenapa tidak," seru pengusaha ini dalam jumpa pers di Kantor DPP Nasdem, Jalan RP. Soeroso, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (29/1).

"Rakyat masalahnya membutuhkan transparansi, kita memahami itu, mendukung itu," sambung Surya.

Adapun mengenai sikap Fraksi Partai Nasdem di DPR yang sepakat dengan pembentukan panja, Surya menganggap wajar. Sebab Nasdem menganut sistem demokrasi dalam mengambil sikap.

"Sekarang kenapa beralih ke panja? Ya itulah dinamika yang kita hadapi bersama. Karena kita tahu Nasdem tidak satu-satunya institusi partai politik di DPR," tegasnya.

Lebih lanjut, mantan anggota MPR ini bakal terus memantau jalannya penuntasan skandal Jiwasraya. Baik yang dilakukan oleh pemerintah melalui kementerian BUMN, DPR melalui panja, dan penuntasan kasus dugaan korupsinya di Kejaksaan Agung.

"Ini akan kita tunggu. Sejauh mana proses tindakan hukum ini akan berlangsung. Apakah hanya berhenti pada tingkat 1, 2, 3, 4, 5 yang sudah ditindak langsung ini, atau ada follow up lebih lanjut," ungkap Surya. 

"Nasdem berharap menuntaskan secara total. Kalau enggak ya apa salahnya, walaupun sekarang panja, balik lagi kita usulkan kepada pansus. Itu sikap Nasdem," pungkasnya.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA