Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Direstui DPR, TNI Siap Kirim Prajurit Padamkan Kebakaran Hutan Australia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 30 Januari 2020, 14:20 WIB
Direstui DPR, TNI Siap Kirim Prajurit Padamkan Kebakaran Hutan Australia
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto/RMOL
rmol news logo Komisi I DPR RI menggelar rapat kerja (Raker) dengan Kementerian Pertahanan, Kementerian Luar Negeri, TNI dan juga BNPB, di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Kamis (30/1).

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL di lokasi, dari Kementerian Pertahanan diwakilkan oleh Wamenhan, Sakti Wahyu Trenggono, sedangkan dari Kementerian Luar Negeri diwakilkan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Desra Percaya.

Kemudian hadir Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto serta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo.

Dalam rapat kerja ini, pihak Menhan, Menlu dan TNI serta BNPB meminta izin kepada Komisi III untuk dapat mengerahkan pasukan ke Australia dalam misi kemanusian membantu kebakaran hutan.

Panglima TNI berpandangan, bantuan tersebut perlu lantaran Indonesia telah banyak dibantu Australia dalam sejumlah musibah di tanah air, seperti bencana alam tsunami dan likuifaksi di Palu.

Mantan KSAL ini mengatakan, rencananya akan mengirimkan 1 satuan setingkat pleton (SST) yang terdiri dari batalyon zeni konstruksi Angkatan Darat, batalyon marinir dan dinas kontruksi dari Angkatan Udara.

“Rencananya akan diberangkatkan besok tanggal 1 dengan menggunakan pesawat Hercules TNI AU melalui Kupang dan langsung terbang menuju ke Rismon. Dari Rismon nanti akan menggunakan pesawat atau jalan darat yang disediakan oleh pemerintah Australia menuju ke distrik Eden karena kurang lebih 490 km lagi (ke lokasi kebakaran),” ujar Panglima di lokasi.

Pihaknya menerangkan, tugas prajurit TNI tersebut dalam rangka ikut membantu memadamkan kebakaran hutan yang ada di Australia.

“Kami diberikan wilayah yang sudah ditentukan dari hasil assessment TNI, BNPB yang rencananya juga akan hadir di wilayah distrik Eden,” paparnya.

Setelah memaparkan secara detail tupoksi para prajurit TNI di Australia, Komisi I kemudian menyetujui langkah yang dilakukan Indonesia untuk membantu negara tetangga yang terkena musibah.

“Komisi 1 menyetujui untuk segera ke Kupang menuju Australia,” tutup Marsekal Hadi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA