Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usai Bertugas, Kru Pesawat Evakuasi WNI Di Wuhan Langsung Jalani Karantina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 01 Februari 2020, 16:39 WIB
Usai Bertugas, Kru Pesawat Evakuasi WNI Di Wuhan Langsung Jalani Karantina
Batik Air/Net
rmol news logo Kementerian Luar Negeri bersama Kementerian Kesehatan dan TNI akhirnya mengevakuasi WNI di Wuhan, Provinsi Hubei, China seiring dengan wabah virus novel corona.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Evakuasi WNI itu menggunakan pesawat Airbus 330-300CEO dengan registrasi PK-LDY Batik Air milik Lion Air Gruoup.

Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menyebutkan pesawat diberangkatkan pukul 13.00 WIB dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta menuju Wuhan, Sabtu (1/2).

"Pesawat membawa 19 kru dan 30 tim medis, lepas landas dari Soekarno-Hatta pukul 13.00 WIB dan dijadwalkan tiba di Tianhe Wuhan pada 19.00 waktu setempat," kata Mandala kepada wartawan.
 
Danang memastikan pelaksanaan penerbangan berpedoman kepada prinsip-prinsip dan standar operasional prosedur (SOP) kesehatan dalam memastikan pengamanan awak pesawat, tim medis, penumpang dan lainnya.

"Dalam tindakan pencegahan dimaksud, telah merekomendasikan guna menyediakan dan melakukan penyemprotan cairan multiguna pembunuh kuman sesuai prosedur yang berlaku serta menyediakan dan menggunakan masker dan alat pelindung diri (APD), sarung tangan dan cairan pembersih tangan guna antisipasi tertular pada awak pesawat dan petugas layanan darat," jelasnya.

Dia menyebutkan pesawat Batik Air yang berangkat telah dilengkapi fasilitas canggih untuk meminimalisir masuknya virus ke dalam kabin.

"Armada Airbus 330-300CEO telah didukung atau memiliki peralatan yang dapat menyaring udara di dalam pesawat," katanya.

Saat kembali ke Indonesia, kata Danang, sesuai SOP pesawat akan langsung masuk hanggar untuk dilakukan pembersihan, sterilisasi dan perawatan.

"Dan untuk awak pesawat setelah selesai bertugas akan menjalani proses karantina kesehatan dalam tahapan pengawasan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA