Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Ada Rasa Takut Di Balik Tulisan SBY Soal Jiwasraya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 02 Februari 2020, 13:10 WIB
Pengamat: Ada Rasa Takut Di Balik Tulisan SBY Soal Jiwasraya
SBY/Net
rmol news logo Ada rasa tersinggung, takut, dan marah dalam tulisan panjang yang dibuat Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono berjudul “Penyelesaian Kasus Jiwasraya Akan Selamatkan Negara Dari Krisis Yang Lebih Besar”.

Pengamat politik, Jerry Massie menilai bahwa tulisan panjang itu sendiri menyiratkan adanya reaksi berlebihan dari SBY. Jerry menilai ketua umum Partai Demokrat itu tersinggung dengan pernyataan-pernyataan pemerintah tentang kasus Jiwasraya yang merugikan negara hingga Rp 13,7 triliun.

Pernyataan dari Presiden Joko Widodo cs, katanya, telah mengusik rasa ketakutan yang mendalam dari SBY.

“Dalam hal ini, saya sebagai seorang sosial dan psikolog, ketika seorang menyatakan pendapat itu ada rasa ketakutan, ada rasa marah, dan ada rasa kejutan. Hal-hal ini sebetulnya yang menyebabkan kenapa dia langsung reaktif,” ujar direktur eksekutif Political and Public Policy Studies itu di acara Crosscheck, Jalan Wahid Hasyim, Jakart Pusat, Minggu (2/2).

Menurutnya, jika SBY merasa tidak bersalah, maka seharunya ketua umum Demokrat itu tenang dan tidak perlu mempersoalkan pernyataan pemerintah maupun BPK, yang menyebut kasus Jiwasraya terjadi sejak tahun 2006 atau tepat saat SBY masih memimpin negeri.

“Jadi nggak perlu dipersoalkan. Bagi saya itu no problem, enggak terlalu urgent banget,” terangnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA