Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

4 WNI Masih Di Wuhan, Menkes: Mereka Merasa Nyaman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 03 Februari 2020, 13:46 WIB
4 WNI Masih Di Wuhan, Menkes: Mereka Merasa Nyaman
Menteri Kesehatan, dr Terawan Agus Putranto/Net
rmol news logo Tak semua warga negara Indonesia (WNI) yang yang berada di Kota Wuhan, China, berhasil dipulangkan pemerintah. Dari rencana 245 orang, yang berhasil dibawa pulang hanya 238 orang saja.

Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto mengatakan, 238 orang yang dipulangkan ke Indonesia adalah yang dinyatakan sehat oleh Pemerintah China. Dari 245 WNI yang rencananya dibawa pulang, empat orang menolak dievakuasi.

“Empat orang mengundurkan diri. Tidak mau (pulang), karena merasa nyaman di Wuhan. Mereka telah membuat surat pernyataan bahwa aman, supaya tidak ada syak wasangka,” ucap Terawan di Gedung Nusantara I, Komplek Parlemen, Senayan, Senin (3/2).

Sementara 3 WNI lain yang hendak dievakuasi pemerintah, ditolak oleh pemerintah China lantaran tidak lolos proses screening kesehatan.

“Karena aturannya, yang sakit tidak boleh diberangkatkan. Entah sakit apa pun tidak boleh diberangkatkan, mau ibaratnya sakit mata juga tidak boleh,” lanjut mantan Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat tersebut.

“Karena itu memang ketentuan dari WHO. Yang sakit tidak boleh berangkat, yaitu tiga orang. Sehingga yang diterbangkan 238 orang,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA