Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tanam Vetivier Untuk Cegah Longsor, Jokowi: Jangan Dicabut Ya!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 03 Februari 2020, 22:27 WIB
Tanam Vetivier Untuk Cegah Longsor, Jokowi: Jangan Dicabut Ya<i>!</i>
Presiden Jokowi menanan rumput vetiver/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo menanam rumput vetiver bersama warga di lokasi lereng longsoran, Desa Pasirmadang, Sukajaya, Kab. Bogor, Jawa Barat, Senin (3/2).

Penanaman tersebut dilakukan bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuldjono, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan Bupati Kabupaten Bogor, Ade Yasin.

“Dengan mengucap Bissmillahirrohmanirrohim, mari memulai lakukan penanaman vetiver,” ujar Presiden Jokowi mengawali penanaman di lokasi.

Rumput vetiver itu merupakan tumbuhan yang bisa mengurangi erosi dan tanah longsor. Penanaman itu dianggap penting sebagai upaya reforestasi dan perbaikan struktur tanah lantaran wilayah Sukajaya terdampak longsor paling parah di awal Januari lalu.

Presiden Jokowi meminta kepada warga agar tidak mencabut vetiver agar kegunaannya bisa dirasakan dalam jangka panjang, terutama dalam mencegah terjadinya longsor dan kerusakan lingkungan.

“Jangan dicabut ya. Karena banyak memberikan manfaat, khususnya untuk mencegah longsor,” tandasnya

Selain vetiver, beberapa jenis tanaman berakar kuat dan memiliki nilai produktif juga ditanam sebagai bagian dari “vetiver system”. Jenis-jenis tanaman ini meliputi flamboyan, durian, belimbing, alpukat, manii, soren, kayu putih, bukaliptus, puspa, kisireum dan lainnya.

Vetiver system merupakan metode penguatan struktur tanah secara alami menggunakan rumput vetiver dan beberapa jenis tanaman kuat lainnya.

Sistem penanamannya sendiri dilakukan secara berselang-seling antara vetiver dan jenis tanaman lain dengan jarak kurang lebih satu meter.

Vetiver, jenis rumput dengan nama latin Chrysophogon Zizaionide itu menjadi salah satu solusi untuk menguatkan struktur tanah melalui akarnya yang dapat tumbuh hingga kedalaman 5 meter.

Bentuk kombinasi vetiver dengan tanaman keras berakar kuat akan membuat struktur tanah menjadi lebih kokoh layaknya pondasi alami sehingga dapat meminimalisir proses deforestasi dan erosi serta mencegah terjadinya longsor.

Sebelum melakukan penanaman vetiver di Pasirmadang, Presiden Jokowi sebelumnya juga meninjau Desa Harkat Jaya yang menjadi salah satu wilayah dengan kerusakan terparah akibat bencana longsor. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA