Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dubes Xiao Qian Harusnya Paham Soal Penghentian Penerbangan Dan Impor Dari China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 05 Februari 2020, 15:25 WIB
Dubes Xiao Qian Harusnya Paham Soal Penghentian Penerbangan Dan Impor Dari China
Dubes China untuk Indonesia, Xiao Qian/Net
rmol news logo Pernyataan Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian, dalam merespons kebijakan Pemerintah Indonesia disambut dengan banyak kritikan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Xiao Qian menyebut kalau larangan penerbangan dan impor produk China akan merugikan Indonesia. Padahal ini merupakan langkah sigap pemerintah Indonesia dalam menghadapi 'serbuan' virus corona yang telah mewabah ke berbagai penjuru dunia.

Langkah sigap pemerintah dengan menghentikan sementara semua penerbangan dari dan ke China serta menerapkan larangan impor hewan hidup dari China mendapat dukungan anggota DPD RI Fahira Idris. Senator Jakarta ini pun meminta Dubes Xiao Qian bisa memahami kebijakan Pemerintah Indonesia.

Pasalnya, selain manusia, hewan juga dianggap berpotensi menyebarkan virus yang berasal dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China itu. Tidak hanya itu, kebijakan ini harus diterapkan mengingat Badan Kesehatan Dunia PBB, WHO, telah menyatakan darurat internasional terkait wabah virus corona ini.

“Ini kan (penutupan penerbangan dan larangan impor) sifatnya hanya sementara sampai Pemerintah China mampu mengatasi virus corona dan keadaan di China kembali normal. Sebagai bangsa berdaulat, Indonesia punya hak mengambil kebijakan untuk melindungi bangsa dan rakyatnya,” tegas Fahira Idris, di Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (5/2).

Menurut pendiri ormas Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) ini, jika Pemerintah China menganggap Indonesia negara sahabat, harusnya bisa memahami dan menghormati keputusan yang diambil para pengambil kebijakan di negeri ini.

Di lain sisi, Indonesia juga harus rela mengorbankan geliat ekonomi dan perdagangannya yang saat ini begitu dinamis dengan China. Tetapi langkah ini harus ditempuh karena kondisinya memaksa.

“Sekali lagi, pemerintah China harus paham, bahwa semua kebijakan penghentian ini hanya sementara. Indonesia juga mengerti pemerintah China pasti kecewa, tetapi kebijakan ini harus diambil dan rakyat Indonesia mendukung," tambah Fahira.

"Mudah-mudahan bencana virus corona segera berakhir, sehingga hubungan ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dan China kembali berjalan dinamis,” pungkas Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR RI ini.

Sebagai informasi, keputusan Pemerintah RI menyetop impor sejumlah produk dari China dan penghentian penerbangan dari dan ke seluruh wilayah China pasca usai merebaknya virus corona, mendapatkan respons dari Kedubes China untuk Indonesia.

Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian, mengatakan kebijakan Indonesia di bidang perdagangan itu akan berdampak negatif bagi hubungan kedua negara. Dia pun mengaku prihatin dengan rencana pemerintah Indonesia tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA