Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei: PDIP Melihat Ada Masalah Serius Mengenai Kebangsaan Dan Pendidikan Agama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 06 Februari 2020, 00:09 WIB
Survei: PDIP Melihat Ada Masalah Serius Mengenai Kebangsaan Dan Pendidikan Agama
Rilis hasil survei PPIM UIN Jakarta/RMOL
rmol news logo Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar survei lengkap tentang pandangan anggota DPR RI terhadap peran negara dalam pendidikan agama di Indonesia.

Salah satu hasil surveinya menunjukkan bahwa dari sekian banyak kader partai politik (parpol), terdapat dua partai yang memiliki kecenderungan paling tinggi memikirkan persoalan penting tidaknya pendidikan agama.

Peneliti PPIM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Sirojuddin Arif mengungkapkan bahwa anggota DPR dari PKS lebih banyak yang menyatakan tidak ada persoalan serius pada kebangsaan dan pendidikan agama di Indonesia ketimbang anggota DPR dari PDI Perjuangan.

"Dibandingkan dengan responden dari PKS, responden dari PDIP memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk menyatakan bahwa ada persoalan serius terkait dengan kebangsaan dan keragaman dalam kurikulum pendidikan agama," tutur Sirojuddin Arif saat menjelaskan hasil surveinya di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta, Selasa (5/2).

Sirojuddin Arif menambahkan, latar belakang digelarnya survei ini antara lain akibat meningkatnya intoleransi hingga menyasar institusi pendidikan di Indonesia. DPR selaku lembaga legislatif dinilai memiliki peran penting menyikapi fenomena tersebut.

"Ada dua pertanyaan yang menjadi fokus penelitian kami. Pertama, naiknya sikap intoleran, ekslusif secara keagamaan itu muncul di sebagian kalangan bahkan sampai dengan sekolah. Kedua, kami ingin melihat wakil rakyat kita melihat peran negara dalam pendidikan agama," demikian Sirojuddin Arif.

Survei ini digelar pada Oktober-Desember 2019 dengan responden 375 anggota DPR RI periode 2019-2024 dari 575 orang anggota DPR secara keseluruhan. Dengan respons rate sebesar 68,1 persen dan spot check 100 persen dari data yang didapatkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA