Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mulfachri Dompleng Nama Amien Rais, Pengamat: Nggak Ngaruh, DPW Dan DPD Penentunya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 06 Februari 2020, 10:17 WIB
Mulfachri Dompleng Nama Amien Rais, Pengamat: Nggak Ngaruh, DPW Dan DPD Penentunya
Dukungan Amien Rais tak jadi jaminan kemenangan bagi Mulfachri Harahap/Net
rmol news logo Salah satu Calon Ketua Umum (Caketum) PAN pada Kongres 10 Februari 2020 nanti, Mulfachri Harahap, dinilai bukan lawan sebanding bagi petahana Zulkifli Hasan yang juga maju.

Meski Mulfachri mendompleng dan mengklaim dapat restu dari Ketua Dewan Penasihan PAN, Amien Rais, hal itu tak akan berdampak apa pun.

"Nggak ngaruh," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Kamis (6/2).

Adi Prayitno menilai restu Amien Rais tidak memberikan pengaruh besar pada kontestasi Kongres PAN V di Kendari, Sulawesi Tenggara. Sebab, yang menentukan kemenangan adalah suara dari DPW dan DPD PAN di seluruh Indonesia.

"Untuk urusan isu politik kebangsaan seperti NKRI, nasionalisme, dan lain-lain, Amien Rais masih berpengaruh. Tapi urusan memilih Ketum PAN, DPW dan DPD punya referensi sendiri," kata Pengamat Politik dari UIN Syarief Hidayatullah Jakarta ini.

Menurut Adi, DPW dan DPD PAN tidak bisa dipengaruhi oleh siapa pun termasuk Amien Rais yang namanya didompleng oleh Mulfachri Harahap. Terlebih, Mulfachri Harahap jarang terdengar sepak terjangnya selama dia di PAN.

"DPD dan DPW sangat otonom memilih calon Ketum PAN, tak bisa diintervensi siapa pun. Gerakan kandidat lainnya belum terlihat signifikan," demikian Adi Prayitno. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA