Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Uchok Sky: Pernah Berurusan Dengan KPK, Kecil Peluang Mulfachri Menang Di Kongres PAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 06 Februari 2020, 21:10 WIB
Uchok Sky: Pernah Berurusan Dengan KPK, Kecil Peluang Mulfachri Menang Di Kongres PAN
Mulfachri Harahap/Net
rmol news logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengusut dugaan suap korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen yang menjerat mantan Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan.

Dalam perkembangan kasusnya, mantan Ketua Fraksi PAN di DPR, Mulfahri Harahap pernah diperiksa KPK dan membantah pernah bertemu Taufik Kurniawan.

Sejurus dengan itu, Partai Amanat Nasional (PAN) dalam waktu dekat ini akan menggelar hajat besar yakni Kongres V di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 10 Februari 2020.

Dalam Kongres V, Mulfachri sendiri menjadi salah satu kandidat yang mencaalonkan diri sebagai kandidat Ketua Umum PAN.

Dengan rekam jejak begitu, pengamat politik Uchok Sky Khadafi menilai sosok Mulfachri Harahap agak sulit untuk memenangkan kontestasi perebutan kursi nomor 1 di partai matahari putih itu.

Karena itu, Mulfachri Harahap diyakini akan sangat dipertimbangkan oleh DPD dan DPW PAN yang mempunyai hak suara di Kongres PAN.

"Peluangnya sangat kecil sekali. Dia (Mulfachri Harahap) kecil sekali untuk dipertimbangkan oleh DPD/DPW PAN," ujar Uchok Sky Khadafi saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Kamis (6/2).

Uchok Khadafi menguraikan, sedianya ada tiga hal yang akan dipertimbangkan oleh para pemilih Caketum PAN pada Kongres nanti. Antara lain, restu pendiri PAN Amien Rais, bebas dari korupsi, dan campur tangan 'istana'.

Mulfachri Harahap, kata Uchok Khadafi, tidak memenuhi kriteria nomor dua lantaran "berurusan" dengan KPK.

"Jadi kalo dia pernah udah dipanggil KPK, ya gak usah nyalon deh, DPD DPW gak akan memilih dia," demikian Uchok Sky yang juga Direktur Center for Budget Analysis (CBA) ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA