Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko PMK: Anugerah Budaya PWI Bagus Untuk Merangsang Daerah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 07 Februari 2020, 18:25 WIB
Menko PMK: Anugerah Budaya PWI Bagus Untuk Merangsang Daerah
Muhadjir Effendy (ketiga dari kanan)/RMOL
rmol news logo Anugerah budaya yang diberikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) terhadap bupati dan walikota yang berkontribusi menjaga keluhuran nilai budaya mendapat apresiasi dari Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

Menurutnya, anugerah budaya tersebut sangat bagus untuk merangsang daerah-daerah melakukan pendataan penataan dan merevitalisasi berbagai macam situs, yang mencerminkan keluhuran budaya di daerah itu.

“Langkah tersebut selaras dengan program pemerintah dalam memprioritaskan kebudayaan,” ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu saat jadi pembicara dalam “Dialog Anugerah Kebudayaan” di Hotel Mercure, Jalan Achmad Yani, Sungai Baru, Banjarmasin Tengah, Kalimantan Selatan, Jumat (7/2).

Muhadjir Effendy mengurai bahwa program kebudayaan merupakan prioritas dan unggulan di Kementerian PMK. Bahkan Presiden Joko Widodo telah menggelontorkan dana abadi kebudayaan sebesar Rp 5 triliun.

“Sudah disetujui oleh bapak presiden yaitu disediakan dana abadi budaya. Setiap tahun akan kita tambah,” urainya.

Manfaat dari dana tersebut, sambung mantan Rektor UMM itu, salah satunya untuk membantu serta merangsang para budayawan dan seniman untuk lebih giat lagi dalam berkarya.

“Kemudian ada DAK kebudayaan yang jumlahnya belum banyak di bawah satu triliun, tapi kalau tidak salah 2020 ini itu akan semakin bertambah. Saya berharap nanti akan di atas satu triliun per tahun,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA