Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teken MoU Penguatan Keamanan Transportasi Indonesia-Australia, Menhub: Ini Terkait Juga dengan Keamanan Siber

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 10 Februari 2020, 07:03 WIB
Teken MoU Penguatan Keamanan Transportasi Indonesia-Australia, Menhub: Ini Terkait Juga dengan Keamanan Siber
Presiden Joko Widodo dan PM Morrison/Setpres
rmol news logo Pemerintah Indonesia dan Australia kembali memperkuat kerja sama di bidang transportasi udara. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, terdapat beberapa usulan terkait kerja sama penerbangan.

Usulan itu antara lain, mengenai akses tanpa batas dan kapasitas penerbangan yang akan membuka seluruh kota di Australia dan Indonesia.

Kedua negara pun menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait dengan kerja sama keamanan transportasi. Penandatanganan dilakukan di Canberra Australia pada saat Annual Leader Meeting yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, Minggu (9/2).

Budi menjelaskan, kerja sama yang dilakukan meliputi aspek keamanan di bidang transportasi udara dan laut.

“Melingkupi penyusunan regulasi, pemenuhan kewajiban keamanan transportasi sesuai standar ICAO dan IMO, peningkatan pelaksanaan keamanan transportasi di bandara dan pelabuhan, koordinasi kebijakan transportasi nasional, dan pelatihan dan pengembangan SDM transportasi, serta terkait Keamanan Siber atau Cyber Security,” terang Budi, mengutip laman resmi Setneg.

MoU yang ditandatangani hari ini sebelumnya dibahas sejak pertengahan tahun 2018 dengan fokus pada kerja sama bidang keamanan transportasi Udara dan transportasi Laut sesuai ketentuan dan konvensi ICAO dan IMO.

“MoU ini bertujuan untuk memayungi kerja sama Indonesia-Australia di bidang keamanan transportasi khususnya pada bandara internasional dan pelabuhan internasional di kedua wilayah Indonesia dan Australia,” jelas Budi.

MoU tersebut difinalisasi pada Pertemuan pertama antara Indonesia-Australia terkait Transport Security Cooperation yang berlangsung pada pada 17-18 Oktober 2019 lalu di Canberra, Australia. Pertemuan tersebut dipimpin oleh Sekreteris Jenderal Kementerian Perhubungan dan Deputy Secretary and Resilience Group, Department of Home Affairs Australia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA