Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Adi Prayitno: Kericuhan Kongres PAN Biasa Karena Ketidakpuasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 10 Februari 2020, 20:42 WIB
Adi Prayitno: Kericuhan Kongres PAN Biasa Karena Ketidakpuasan
Mulfachri Harahap/Net
rmol news logo Kericuhan yang sempat mewarnai Kongres V Partai Amanat Nasional diduga kuat karena ketidak puasan pada peta dukungan pemilik suara.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu analisis yang dikatakan Direktur Eksekutif Parameter Indonesia, Adi Prayitno kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (10/2).

"Kericuhan itu biasanya tak puas dengan nama DPW dan DPD yang memiliki hak suara di kongres," kata Adi.

Kata Adi, kalaupun benar sebagaimana dugaan ricuh karena ulah pendukung calon ketua umum PAN, Mulfachri Haharap. Itu pun bisa menjadi wajar seiring klaim dukungan mayoritas pada petahana Zulkifli Hasan.

"Jika pun kubu Mulfachri, mungkin kecewa karena orang kepercayaannya di DPW dan DPD tak termasuk yang punya hak pilih di kongres," ujarnya.

"Protes itu sebagai upaya untuk mengganti nama-nama itu agar penggantinya bisa dikendalikan. Apalagi sejauh ini Zulhas mengklaim dukungan DPW dan DPD sangat mayoritas," kata Adi menjelaskan.

Soal pendiri PAN, Amien Rais yang diklaim mendukung Mulfachri. Adi berharap Amien Rais diposisikan sebagai tokoh senior yang mengayomi seluruh peserta kongres.

"Khawatir jika bawa nama besar Pak Amien, dan sang kandidat kalah akan dikaitkan dengan menurutnya pengaruh Pak Amien di PAN," demikian Adi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA