Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Silaturahmi Menlu Retno Ke PBNU, Apresiasi Palestina Dan Tolak Kombatan ISIS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 11 Februari 2020, 12:06 WIB
Silaturahmi Menlu Retno Ke PBNU, Apresiasi Palestina Dan Tolak Kombatan ISIS
Pertemuan Menlu dengan PBNU/Net
rmol news logo Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi berkunjung ke kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Ia didampingi Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri, Cecep Hermawan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kunjungan Retno diterima langsung oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Selasa (11/2).

Pertemuan berlangsung tertutup selama sekitar 1 jam lebih, di lantai tiga kantor PBNU, di Kramat Jakarta.

Usai pertemuan, Said Aqil mengutarakan bahwa pembicaraan berfokus pada pemulangan WNI yang masih berada di kamp ISIS di Suriah dan Palestina.

Said menegaskan tidak ada salahnya jika pemerintah menolak kombatan ISIS. Said Aqil menguraikan, mengutip Al-Qur'an Surat al-Ahzab ayat 60, bahwa Nabi diperintah oleh Allah SWT untuk mengusir orang yang membuat kegaduhan di Kota Madinah.  

"Orang bikin gaduh usir dari Madinah. Jangan sampai mengganggu ketenangan," ujar Said Aqil kepada media. Oleh karena itu, ia dengan tegas menolak kedatangan kombatan ISIS.

Menurutnya, para kombatan ISIS telah menganggap negara ini sebagai negara thogut.

"Kami PBNU menolak kepulangan kombatan ISIS karena mereka sudah pergi ke sana dengan kemauan sendiri. Setelah datang ke sana mereka ramai-ramai bakar paspor dan mengatakan ini paspor negara thogut," tegas Said Aqil.

Berbeda halnya ketika pemerintah konsisten membela Palestina. Pengasuh Pondok Pesantren Al-Tsaqafah, Ciganjur, Jakarta Selatan itu mengapresiasi Retno untuk sikapnya kepada Palestina.

"Soal Paletina, ini amanat negara dan agama juga. Harus kita perjuangkan," katanya.

Retno sendiri mengungkapkan kunjungannya adalah bagian dari kegiatan silaturahim rutin untuk meminta saran.

"Fokus pada satu hal terkait Palestina bahwa Indonesia konsisten terus menyuarakan perjuangan Palestina. Kita terus konsisten pada titik ini," katanya. Hal lainnya, pertemuan menyinggung soal kombatan ISIS.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Ketua PBNU H Robikin Emhas, H Hanief Saha Ghafur, KH Aizuddin Abdurrahman, Sekretaris Jenderal H Ahmad Helmy Faishal Zaini, Wakil Sekretaris Jenderal Andi Najmi Fuadi dan Imam Pituduh. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA