Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zulhas Kembali Jadi Ketum PAN, Pengamat: Indikasi Dominasi Amien Rais Melemah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 11 Februari 2020, 21:10 WIB
Zulhas Kembali Jadi Ketum PAN, Pengamat: Indikasi Dominasi Amien Rais Melemah
Amien Rais/Net
rmol news logo Pemilihan ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) menetapkan Zulkifli Hasan sebagai nakhoda partai berlambang matahari lima tahun ke depan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Zulhas sebagai petahana meraup suara sebanyak 331 dari total pemilik suara 565.

Hal ini mengindikasikan Zulhas mampu mengakhiri dominasi pendiri PAN Amien Rais. Sementara, Mulfachri Harahap yang mengklaim didukung tokoh reformasi itu kalah, atau hanya berhasil mengumpulkan 225 suara.

Begitulah analisa dari Direktur Eksekutif Saiful Mujani Reserch and Consulting (SMRC), Sirojudin Abbas, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (11/2).

"Implikasinya pada posisi Pak Amien Rais memang. Bahwa kemenangan Zulkifli ini mengindikasikan bahwa dominasi Pak Amien Rais mulai melemah di tubuh PAN," ucap Sirojudin Abbas.

Pengamat politik lulusan University of California Berkeley ini menjelaskan, kegagalan Mulfachri Harahap di Kongres V PAN ini adalah akhir dari pengaruh Amien Rais sepanjang generasi kepemimpinan partai matahari ini.

"Yang terlihat bahwa tokoh-tokoh yang didorong Pak Amien Rais tidak mendapat dukungan mayoritas," demikian Sirojudin Abbas. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA