Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusuh Kongres PAN, Mulfachri Dan Pendukungnya Seperti Tidak Paham Tradisi PAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 11 Februari 2020, 21:55 WIB
Rusuh Kongres PAN, Mulfachri Dan Pendukungnya Seperti Tidak Paham Tradisi PAN
Kerusuhan Kongres PAN/Repro
rmol news logo Zulkifli Hasan sudah terpilih sebagai ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025 dalam gelaran Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2).

Zulhas sebagai petahana meraup suara sebanyak 331 dari total pemilik suara 565.

Sementara pesaingnya, Mulfachri Harahap dan Dradjad Wibowo masing-masing 225 suara dan 6 suara. Lalu, ada 3 suara yang tidak sah.

Kongres V PAN yang digelar di Hotel Claro, Kendari, bukan tidak ada dinamika hingga muncul nama pemenang. Sejumlah peserta kongres terlihat saling sorak, dorong hingga ada yang saling melempar kursi di depan panggung pada siang harinya.

Menariknya, dalam video yang beredar di arena Kongres PAN, diantara kerumunan itu tampak calon ketua umum PAN, Mulfachri Harahap mencoba merangsek ke arah panggung bersama kerumunan peserta.

Namun, kericuhan tersebut tidak berlangsung lama dan berhasil diredam oleh pihak aparat keamanan. Sehingga kongres dilanjutkan pleno untuk menentukan pemilihan ketua umum.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Dedy Kurnia Syah menyebutkan, kemenangan Zulhas adalah wajar. Selain berstatu petahana, dia juga diuntungkan dengan aksi anarkis pesaingnya.

"Kelompok paling diuntungkan tentu Zulkifli Hasan," ujar Dedy kepada wartawan.

Lebih disayangkan lagi, kata Dedy, Mulfachri seperti gagal mengayomi pendukungnya dengan memberikan pemahaman bahwa rekam jejak Kongres PAN selalu berlangsung demokratis dan mengedepankan soliditas.

"Ini sangat disayangkan, kubu Mulfacri seolah tidak memahami tradisi PAN yang selama ini cukup solid," jelasnya.

Sebetulnya, calon ketua umum PAN dalam kongres tahun ini berjumlah empat orang. Namun, satu kandidat, yakni Asman Abnur menyatakan mundur dari proses pencalonan jelang proses pemilihan ketum dilaksanakan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA