Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

NasDem: Walaupun Tidak Ada Pemulangan Simpatisan ISIS, Bukan Berarti Pekerjaan Selesai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 12 Februari 2020, 08:55 WIB
NasDem: Walaupun Tidak Ada Pemulangan Simpatisan ISIS, Bukan Berarti Pekerjaan Selesai
Ilustrasi/Net
rmol news logo NasDem menegaskan sebutan yang tepat adalah ‘eks WNI yang masih ISIS’. Ia menilai hukuman bagi orang yang terpapar ideologi ISIS adalah menjadi stateless atau tidak bernegara.

“Bahwasanya ketika orang yang kemudian terpanggil atau terpapar ideologi ISIS, maka kemudian ini hukumannya. Bahwasanya mereka akan stateless," ujar Ketua DPP NasDem Willy Aditya kepada media di gedung parlemen, Selasa (11/2).

Persoalan simpatisan ISIS mestinya juga diselesaikan melalui mekanisme internasional, menurutnya.

"Biarkan kemudian menjadi mekanisme internasional, baik itu UNHCR dan beberapa negara-negara yang mengurusi itu. Kan sekarang ada yang sudah diadili oleh Irak sendiri, oleh Turki sendiri. Mereka menjadi penjahat perang ya yang diadili di negara tempat mereka membikin kerusuhan," terang Willy.

Ia juga berharap program deradikalisme terus berjalan. Walaupun tidak ada pemulangan simpatisan ISIS, bukan berarti pekerjaan selesai, menurutnya, justru peristiwa ini harus dijadikan monentum untuk melakukan kontrapropaganda oleh pemerintah terhadap orang-orang yang di dalam yang kemudian tidak terpapar atau tidak termakan oleh propaganda ISIS itu sendiri.

Pemerintah melalui hasil rapat yang telah diumumkan presiden, memutuskan tidak akan memulangkan kombatan ISIS atau yang terlibat jaringan teroris lainnya di luar negeri.

"Pemerintah tidak ada rencana memulangkan teroris. Tidak akan memulangkan FTF (foreign terrorist fighter) ke Indonesia," kata Menko Polhukam Mahfud Md di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/2). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA