Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dianugerahi Penghargaan Malaysia, Novel Baswedan Singgung Peran Pemerintah Lindungi Pegawai KPK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 12 Februari 2020, 13:28 WIB
Dianugerahi Penghargaan Malaysia, Novel Baswedan Singgung Peran Pemerintah Lindungi Pegawai KPK
Novel Baswedan menerima penghargaan dari Perdana International Anti-Corruption Champion Foundation (PIACCF) Malaysia/Istimewa
rmol news logo Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan menerima penghargaan dari Perdana International Anti-Corruption Champion Foundation (PIACCF) Malaysia.

Penghargaan tersebut diberikan lantaran Novel dinilai sebagai sosok intelektual yang berhasil membuka banyak kasus besar. Namun prestasi tersebut berbanding terbalik dengan peristiwa yang dialaminya, yakni penyiraman air keras pada 11 April 2017 silam.

Dalam sambutannya, Novel mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh pemerintah Malaysia.

"Terima kasih, penghargaan ini adalah bentuk dukungan dan penghormatan terhadap semua pihak yang memilih jalan untuk berjuang memberantas korupsi," ucap Novel Baswedan di Putrajaya Marriot Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (11/2).

Di kesempatan tersebut, Novel menekankan bahwa korupsi merupakan permasalahan bersama yang harus dilawan bersama. Novel juga mengapresiasi kinerja pemerintah Malaysia atas pencapaian peningkatan Indeks Persepsi Korupsi (CPI) sebesar enam point pada 2019.

Tak hanya itu, ia juga menyoroti upaya pemerintah Malaysia yang dinilai concern dalam memberikan perlindungan bagi petugas dan pegawai pemberantasan korupsi. Diharapkan, pemerintah Malaysia dapat menularkan prestasi tersebut kepada negara lain, termasuk Indonesia.

Terakhir ia berharap pegawai dan para aktivis anti-korupsi di Indonesia terus bersemangat dalam melawan korupsi.

"Saya berharap semoga pegawai KPK dan para aktivis anti-korupsi di Indonesia terus bersemangat untuk melawan korupsi, di tengah pelemahan terhadap KPK yang sekarang terjadi," pungkasnya.

Selain kepada Novel Baswedan, PIACCF juga memberikan penghargaan kepada pegawai KPK lainnya yakni almarhum Kevin Anthony Morais, penuntut pada Suruhanjaya Pencegahan Rasuah Malaysia yang terbunuh pada 2015 lalu. (san13) rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA