Rizal Ramli: Musuh Utama Pancasila Dan Agama Tidak Bisa Diatasi Dengan Pencitraan

Kamis, 13 Februari 2020, 09:24 WIB
Laporan: Widian Vebriyanto

Rizal Ramli/Net

Pernyataan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Profesor Yudian Wahyudi bahwa agama merupakan musuh utama Pancasila, terus menuai kritik dari masyarakat. Salah satunya dari tokoh nasional DR. Rizal Ramli.

Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu mengurai bahwa musuh utama Pancasila bukan agama. Sebaliknya, keduanya justru bersatu padu dalam melawan musuh bersama.

Musuh bersama yang dimaksud Rizal Ramli adalah 3K, yang merukaan kepanjangan dari ketidakadilan, kemiskinan, dan korupsi.

“Musuh utama Pancasila dan agama-agama adalah 3K: ketidakadilan, kemiskinan, dan korupsi,” terangnya kepada redaksi, Kamis (13/2).

Menurutnya, hal terpenting dari musuh Pancasila dan agama itu adalah mereka tidak bisa diatasi sebatas dengan pencitraan, propaganda, dan kursus-kursus.

Melainkan, sambung pria yang akrab disapa RR itu, harus diselesaikan dengan langkah nyata pemerintah berpihak pada rakyat.

“Harus dengan keberpihakan kebijakan dan ‘rule of law’,” tutup RR.

Dalam polemik ini, Yudian meluruskan maksud dari pernyataannya. Dia menegaskan bahwa konteks dari ucapan itu adalah Pancasila sering dihadap-hadapkan dengan agama oleh sekelompok orang yang memiliki pemahaman sempit dan ekstrim.

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Harta | Puisi Hari Ini

Senin, 10 Februari 2020
Video

[FULL] | Singgung Film Avengers: Endgame, Pidato Jokowi di Parlemen Australia

Senin, 10 Februari 2020
Video

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

Selasa, 11 Februari 2020