Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rizal Ramli: Musuh Utama Pancasila Dan Agama Tidak Bisa Diatasi Dengan Pencitraan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 13 Februari 2020, 09:24 WIB
Rizal Ramli: Musuh Utama Pancasila Dan Agama Tidak Bisa Diatasi Dengan Pencitraan
Rizal Ramli/Net
rmol news logo Pernyataan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Profesor Yudian Wahyudi bahwa agama merupakan musuh utama Pancasila, terus menuai kritik dari masyarakat. Salah satunya dari tokoh nasional DR. Rizal Ramli.

Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu mengurai bahwa musuh utama Pancasila bukan agama. Sebaliknya, keduanya justru bersatu padu dalam melawan musuh bersama.

Musuh bersama yang dimaksud Rizal Ramli adalah 3K, yang merukaan kepanjangan dari ketidakadilan, kemiskinan, dan korupsi.

“Musuh utama Pancasila dan agama-agama adalah 3K: ketidakadilan, kemiskinan, dan korupsi,” terangnya kepada redaksi, Kamis (13/2).

Menurutnya, hal terpenting dari musuh Pancasila dan agama itu adalah mereka tidak bisa diatasi sebatas dengan pencitraan, propaganda, dan kursus-kursus.

Melainkan, sambung pria yang akrab disapa RR itu, harus diselesaikan dengan langkah nyata pemerintah berpihak pada rakyat.

“Harus dengan keberpihakan kebijakan dan ‘rule of law’,” tutup RR.

Dalam polemik ini, Yudian meluruskan maksud dari pernyataannya. Dia menegaskan bahwa konteks dari ucapan itu adalah Pancasila sering dihadap-hadapkan dengan agama oleh sekelompok orang yang memiliki pemahaman sempit dan ekstrim. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA