Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demokrat Tidak Masalah PAN Merapat Pemerintah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 13 Februari 2020, 17:49 WIB
Demokrat Tidak Masalah PAN Merapat Pemerintah
Hinca Pandjaitan/Net
rmol news logo Partai Demokrat tidak mempermasalahkan jika Partai Amanat Nasional (PAN) bergabung bersama koalisi di pemerintahan.

Demikian disampaikan Sekjen Demokrat Hinca Pandjaitan kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/2).

“Apapun sikapnya, Bang Zul (Ketum PAN Zulkifli Hasan), atau PAN setelah kongres kemarin, tentu kita hormati, enggak ada masalah," kata Hinca Pandjaitan.

Menurut anggota Komisi III DPR, hal itu merupakan keputusan internal partai matahari. Karena itu, Demokrat tidak punya wewenang apapun untuk mencampuri rumah tangga PAN.

"Itu sikap masing-masing. Itu kan sikap politik. Saya kira sulit menanggapi rumah tangganya PAN," tuturnya.

Lebih lanjut, anggota Komisi III DPR RI ini menyatakan bahwa sedianya sikap partai politik itu adalah independen dengan kedaulatan yang dimilikinya. Termasuk, untuk menentukan apakah akan bergabung dengan koalisi pemerintah atau oposisi.

"Ya kan sikap politik semua partai politik adalah independen berdaulat penuh untuk itu," demikian Hinca Pandjaitan.

Ketua Umum PAN terpilih Zulkifli Hasan mengisyaratkan akan bergabung ke pemerintah. Dalam penutupan Kongres PAN, dia sempat menyinggung mengenai oposisi. Dia menilai PAN akan dirugikan apabila ikut menjadi oposisi seperti PKS.

"Kalau oposisi itu sudah diambil tagline-nya oleh PKS. Kalau kita ikut masuk ke situ, isu oposisi yang sudah diambil oleh itu teman kita partai itu akan sangat merugikan kita," kata Zulhas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA