Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua Gerindra: Yang Mempertentangkan Pancasila Dengan Agama, Isi Kepalanya Sinting!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 14 Februari 2020, 12:13 WIB
Ketua Gerindra: Yang Mempertentangkan Pancasila Dengan Agama, Isi Kepalanya Sinting!
Bung Karno/Net
rmol news logo Dengan membuat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dapat diartikan bahwa negara coba mengatur Pancasila dan melembagakanya seperti agama, hal ini patut diduga negara ingin mempertentangkan Pancasila dengan agama.

Begitu kritik yang disampaikan Ketua DPP Partai Gerindra Iwan Sumule dalam cuitnya di akun Twitter miliknya @IwanSumule86, Jumat (14/2).

Padahal, sambung Iwan, The Founding Father Bung Karno dalam pidato Resopim (Revelusi, Sosialisme Pimpinan Nasional) menegaskan bahwa siapa saja mereka yang mempertentangkan Pancasila dengan agama adalah mereka yang kepalanya sinting.

Di tanggal 17 Agustus 1961, saat itu Bung Karno menyampaikan pidato Rosepim. Secara garis besar dalam pidatonya itu, Bung Karno memperingatian bahwa Pancasila merupakan alat pemersatu aliran-aliran pokok yang hidup di tengah masyarakat Indonesia.

“Pancasila adalah alat pemersatu! Pancasila bukan alat pemecah-belah! dengan Pancasila, kita juga mempersatukan tiga aliran besar yang bernama Nasakom itu. Jadi, jangan mempergunakan Pancasila untuk mengadu domba antara kita dengan kita."

"Jangan mempergunakan Pancasila untuk memecah-belah Nasakom, mempertentangkan kaum nasionalis dengan kaum agama, kaum agama dengan komunis, kaum nasionalis dengan kaum komunis."

"Siapa yang main-main dengan Pancasila untuk maksud-maksud pengadudombaan itu, -ia adalah orang yang samasekali tak mengerti Pancasila, atau orang yang durhaka kepada Panca Sila, atau orang yang .... kepalanya sinting!” demikian kutipan pidato Rosepim Bung Karno 17 Agustus 1961. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA