Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anak-anak ISIS Akan Dipulangkan, Begini Respons Ketua MPR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 14 Februari 2020, 14:03 WIB
Anak-anak ISIS Akan Dipulangkan, Begini Respons Ketua MPR
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo/RMOL
rmol news logo Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan pemerintah sebelum memutuskan untuk memulangkan anak-anak kombatan ISIS ke tanah air.

Imbauan disampaikan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo dalam merespons sikap pemerintah yang berencana akan memulangkan anak-anak anggota ISIS berusia di bawah sepuluh tahun.

“Pemerintah harus benar-benar mempertimbangkan dan mengkaji secara matang sebelum mengambil keputusan dalam memulangkan anak-anak eks WNI tersebut,” ujar Bambang Soesatyo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/2).

Jika benar akan dipulangkan, maka pemerintah perlu memiliki strategi serta persiapan yang matang.

“Mulai dari pihak-pihak yang akan bertanggung jawab dalam pemulangan tersebut, maupun kebutuhan yang diperlukan untuk deradikalisasi bagi anak-anak eks WNI. Semua itu harus dilakukan sesuai prosedur guna mencegah masuknya paham radikalisme atau terorisme di Indonesia,” urainya.

Khusus untuk Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), mantan Ketua Komisi III DPR RI ini meminta pengawasan yang selama ini dilakukan agar diperketat. Rehabilitasi juga menjadi hal wajib dilakukan kepada anak-anak saat kembali ke Indonesia.

“Agar diberikan sosialisasi terhadap bahaya terpapar pengaruh radikalisme dan terorisme, serta menanamkan kembali nilai-nilai Pancasila dan sikap cinta tanah air,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA