RUU Cilaka Berubah Nama, Baleg: Yang Penting Substansinya Enggak Kemana-mana

Jumat, 14 Februari 2020, 20:17 WIB
Laporan: Raiza Andini

Wakil Ketua Badan Legislatif DPR RI dari Fraksi Nasdem, Willy Aditya/Net

Perubahan nama RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja menjadi RUU Cipta Kerja dipastikan tak mengubah substansi isi RUU tersebut.

“Enggak ada perubahan dalam substansi, jadi tidak melanggar aturan. Dalam kajian akademisnya itu kan berhak diubah oleh si pengusul,” kata Wakil Ketua Badan Legislatif DPR RI dari Fraksi Nasdem, Willy Aditya di Komplek Parlemen, Senayan, Jumat (14/2).

Ia menjelaskan, perubahan nama draft RUU yang kini sudah berada di meja DPR RI itu tak hanya terjadi pada RUU Ciptaker, melainkan ada satu RUU lain.

“Satu lagi tentang RUU Pembinaan Haluan Ideologi Pancasila, di draf jadi RUU Haluan Ideologi Pancasila saja. Itu namanya diubah oleh pengusul saat penyerahan draf ke DPR,” jelasnya.

Willy mengatakan, mengubah nama RUU tidak harus setelah pembahasan di DPR RI lantaran pada periode sebelumnya juga terdapat UU MD3 yang awalnya bernama RUU Perubahan tentang MD3.

“Jadi ini bukan hal baru dan enggak melanggar aturan. Karena domain besarnya setelah diperiksa tidak lari. Yang penting jangan ganti judul tapi substansinya ke mana-mana,” tandasnya. 
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Harta | Puisi Hari Ini

Senin, 10 Februari 2020
Video

[FULL] | Singgung Film Avengers: Endgame, Pidato Jokowi di Parlemen Australia

Senin, 10 Februari 2020
Video

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

Selasa, 11 Februari 2020