Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Forum Parlemen Muslim Ke 4 Berakhir, Ini Poin Yang Dihasilkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 15 Februari 2020, 19:35 WIB
Forum Parlemen Muslim Ke 4 Berakhir, Ini Poin Yang Dihasilkan
Jazuli Juwaini (berjas cokelat) usai penutupan IIFP ke 4/RMOL
rmol news logo International Islamic Forum of Parliamentarins (IIFP) ke 4 yang digelar di Jakarta sejak 13 Februari akhirnya mencapai puncaknya pada hari ini, Sabtu (15/2).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini yang juga Wakil Ketua IIFP ini menjelaskan, ada beberapa hal yang turut dibahas dalam forum yang dicetuskan pada tahun 2007 silam yang diresmikan oleh Presiden ke 6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

"Selama tiga hari penuh, anggota parlemen muslim yang hadir bertukar pikiran tentang isu-isu hak asasi manusia dan kemanusiaan universal. Di samping itu juga membahas isu-isu demokratisasi, reformasi, pelayanan publik, hingga lingkungan hidup," kata Jazuli dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.

Dalam pertemuan IIFP ke 4 ini, ada beberapa poin yang dihasilkan. Pertama, keanggotaan IIFP akan terus diperluas dengan aktif berkomunikasi dan berkirim surat resmi kepada anggota parlemen muslim, khususnya di negara-negara yang bukan mayoritas muslim seperti Eropa dan Amerika.

Kedua, komitmen mempromosikan dan menampilkan wajah Islam yang ramah, bersahabat, dan berkemajuan dalam interaksi dan peran-peran parlemen khususnya sehingga benar-benar mampu mewujudkan Islam yang rahmatan lilalamin.

Ketiga, mendorong upaya perdamaian dunia di wilayah-wilayah yang berkonflik serta menunjukkan keberpihakan dan kepedulian atas permasalahan kemanusiaan universal yang menimpa masyarakat dunia terutama kepada masyarakat dan bangsa yang tertindas seperti di Palestina, Rohingya, dan Uighur.

Terakhir, IIFP juga mendorong agenda reformasi pemerintahan dan pelayanan publik, serta pelestarian lingkungan yang berorientasi pada pemenuhan kesejahteraan dan pencapaian kemajuan peradaban di negara masing-masing dan dunia internasional. Dalam hal ini, anggota IIFP berusaha menjadi yang terdepan (menjadi teladan) dalam mewujudkannya melalui peningkatan profesionalitas dan akuntabilitas kinerja parlemen.

Dalam prosesi penutupan ini, Ketua IIFP, Dr. Abdul Majid Menasrah (Aljazair) memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan IIFP di Indonesia.

"Terima kasih kepada Fraksi PKS atas kepanitian acara yang dinilai berhasil optimal dan kepada Indonesia atas keramahannya dalam menyambut delegasi IIFP dari negara-negara peserta. Semua fasilitasi dan keramahan itu membuat IIFP merasa berada di rumah sendiri," jelas Abdul Majid. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA