Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dicatut Jadi Tim Perumus RUU Omnibus Law, Ketum KASBI Layangkan Protes Ke Kemenko Perekonomian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 15 Februari 2020, 21:24 WIB
Dicatut Jadi Tim Perumus RUU Omnibus Law, Ketum KASBI Layangkan Protes Ke Kemenko Perekonomian
Menko MAritim dan jajaran Menteri Kabinet Kerja saat berikan draf RUU Omnibus Law ke DPR/RMOL
rmol news logo Nining Elitos, selaku Ketua Umum Konfederasi Kongres Aliansi Buruh Indonesia (KASBI) merasa namanya telah dicatut oleh pemerintah lantaran disebut ikut berperan aktif pada perumusan Rancangan Undang Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Wanita yang mengidolakan aktivis buruh perempuan mendiang Marsinah itu menegaskan bahwa dirinya tidak pernah dilibatkan dalam perumusan RUU Ciptaker tersebut.

"Kami sebagai organisasi serikat buruh, walaupun diklaim pihak pemerintah sudah diajak bicara, diundang, itu manipulasi yang dilakukan pemerintah," tegas Nining Elitos di sela-sela acara diskusi publik bertajuk 'Mengusir Bala dari RUU Cilaka" di Kawasan Melawai, Blok M, Jakarta Selatan, Sabtu (15/2).

Nining Elitos menyatakan, KASBI secara tegas melayangkan surat protes terkait pertemuan yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Perekonomian di Denpasar Bali beberapa waktu lalu.

"Kenapa? bukan hanya kita dicatut sebagai tim perumus. Tetapi, mulai apa yang mau disiapkan, konsepnya seperti apa, draf-ya seperti apa, kami tidak tahu," tegasnya lagi.

Lebih jauh, kata Nining Elitos, pihaknya telah melakukan kajian soal RUU Omnibus Law Cipta Kerja tersebut dan didapati sejumlah kejanggalan, antara lain soal Pasal-Pasal perlindungan bagi para pekerja dihapuskan.

Atas dasar itu, KASBI memandang RUU Omnibus Law Cipta Kerja tersebut hanya untuk kepentingan pemodal atau invstor dan mengabaikan nasib pekerja dan rakyat Indonesia.

"Kepentingan pemodal diberikan seluas-luasnya untuk mengeksploitasi manusianya, sumber daya alam kita, pasar kita. Itu yang kemudian akan terjadi," pungkasnya.rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA