Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hadiri Workshop PPP, Wapres Ingatkan Pentingnya Toleransi Antar-Umat Beragama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 16 Februari 2020, 00:30 WIB
Hadiri Workshop PPP, Wapres Ingatkan Pentingnya Toleransi Antar-Umat Beragama
Maruf Amin ingatkan soal toleransi beragama/Net
rmol news logo Dalam menyampaikan aspirasi umat, tidak boleh merusak keutuhan bangsa. Sehingga bangsa tidak mudah terpecah belah saat masuknya kelompok radikal.

Demikian disampaikan Wakil Presiden RI KH Maruf Amin dalam lawatannya di acara Workshop Nasional Fraksi PPP di Hotel Red Top, Pecenongan, Jakarta Pusat, Sabtu (15/2).

“Di sinilah pentingnya ada toleransi, ada tasamuh dalam berpendapat. Sesama Islam pun harus toleran, kalau tidak kan tidak bisa kita bersatu,” ujar Maruf Amin.

Dia menambahkan, dalam menyampaikan aspirasi tidak boleh adanya ego sektoral yang dapat menyulut sikap antitoleran antarsesama.

“Karena itu tidak boleh ada sikap ananiyah toifiyah atau ego kelompok, tidak boleh fanatisme kekompok dalam sesama. Kita saja ada perbedaan,” katanya.

“Kalau ada perbedaan tidak boleh diingkari, tapi kalau sudah disepakati tidak boleh ada perbedaan pendapat. Itu harus ada toleran dan harus kita hilangkan sikap intoleran,” tambah Ketua MUI nonaktif ini.

Menurutnya, sikap intoleran akan melahirkan sikap radikal bahkan timbul benih-benih terorisme. Sehingga, dia menegaskan dalam memperjuangkan aspirasi harus menjaga keutuhan kemajemukan dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Karena itu jangan kita perjuangkan yang menyimpang dari itu. Misalnya bentuk selain NKRI, misalnya membawa khilafah,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA