Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Wapres, Suharso Monoarfa Ajukan Satu Permintaan Soal Pemilu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 16 Februari 2020, 02:55 WIB
Bertemu Wapres, Suharso Monoarfa Ajukan Satu Permintaan Soal Pemilu
Suharso Monoarfa berharap cara penghitungan suara di pemilu 2024 diubah/Net
rmol news logo Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Suharso Monoarfa, meminta kepada Wakil Presiden Maruf Amin agar sistem pemungutan suara di Pemilu 2024 mendatang diubah.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pernyataan tersebut terlontar saat Suharso curhat di hadapan Wakil Presiden, mengenai perolehan jumlah suara yang diraih PPP dalam Workshop Nasional Fraksi PPP, di Hotel Red Top, Pecenongan, Jakarta Pusat, Sabtu (15/2).

Kepala Bappenas ini mengatakan, PPP kalah 12 suara di tingkat DPRD Provinsi, di DPR RI 185 suara. PPP berhasil menang tipis dari parpol lain dan bersyukur bisa lolos ambang batas parlemen.

“Karena itu melalui bapak Wapres kami berharap sistem pemilu ke depan itu berubah cara perhitunganya. Cara perhitungannya harus adil untuk umat,” ujar Suharso.

Jika cara perhitungan suara seperti pemilu 2019, pihaknya mengaku khawatir harus berjuang lebih keras mendapatkan satu suara.

“Cara seperti itu kami khawatir, kami harus berjuang dengan jumlah suara yang besar setiap satu kursi. Jadi pembagiannya itu membuat kami selamanya kalah, pembagian angka prima 157,” ujarnya.

“Itu sedikit laporan kepada bapak Wapres mengenai hasil pemilu. Kami bersyukur sekali pun ada kekurangan sebenarnya untuk DPRD kabupaten kota tidak terlau besar dibandingkan 2014, berkurangnya itu dari 1.200 jadi 1.040,” tambahnya.

Lanjut Suharso, dibandingkan 2014, suara PPP di DPR RI berkurang dari 20 kursi menjadi 19 kursi. Namun, pihaknya tetap bersyukur dengan perolehan tersebut.

“Kami alhamdulillah dengan 19 kursi DPR RI dan 1.041 suara di DPRD Provinsi se-Indonesia bisa mengantarkan kader terbaik kita pertama menjadi Wakil Ketua MPR RI, menjadi Wakil Menag, menjadi Dewan Pertimbangan Presiden, dan menjadi Kepala Bappenas,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA