Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Indo Barometer: Masalah Pemerintahan Jokowi Masih Sama Dengan Periode Pertama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 16 Februari 2020, 16:40 WIB
Survei Indo Barometer: Masalah Pemerintahan Jokowi Masih Sama Dengan Periode Pertama
Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari (kanan)/RMOL
rmol news logo Sektor ekonomi masih menjadi permasalahan utama di Indonesia sejak awal kepemimpinan Presiden Joko Widodo hingga periode kedua.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Berdasarkan survei Indo Barometer yang mengusung tema besar 'Evaluasi Publik dan Isu-Isu Nasional Dalam 100 hari Jokowi-Amin', mayoritas responden sebanyak 32,1 persen menilai isu ekonomi masih menjadi persoalan, disusul persoalan lapangan kerja dan bahan pokok.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari mengatakan, permasalahan tersebut masih sama dengan persoalan pemerintahan Jokowi di awal kepemimpinan Presiden Jokowi pada 2014 lalu.

Saat itu, persolan utama di periode pertama Presiden Jokowi juga tetap pada sektor ekonomi, yakni sebanyak 21,6 persen responden merasakan hal tersebut.

"Apa yang menarik? Ternyata permasalahan yang dominan masih sama yaitu didominasi oleh unsur ekonomi," ucap M. Qodari saat memaparkan hasil survei di Hotel Century Park Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (16/2).

Oleh karenanya, Presiden Jokowi dinilai harus segera mengatasi persoalan sektor ekonomi.

"Jadi kalau melihat dua survei ini, hemat saya kita bisa mengatakan kepada pemerintah Pak Jokowi bahwa masalah terbesar yang harus ditangani menurut masyarakat adalah isi ekonomi," tegas Qodari.

Survei tersebut dilakukan pada 9-15 Januari 2020 dengan melibatkan 1.200 responden di 34 Provinsi di Indonesia. Survei tersebut menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA