Mobil Pintar KPU Bagikan Informasi Pilkada Hingga Pedesaan

Senin, 17 Februari 2020, 04:20 WIB
Laporan: Ahmad Kiflan Wakik

Mobil pintar KPU Kabupaten Kediri/RMOL

Ada beragam cara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri untuk meningkatkan jumlah partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020.

Salah satu upaya yang baru saja dilakukan oleh KPU Kabupaten Kediri dengan melauncing mobil pintar pemilu digital.

Mobil pintar pemilu digital ini merupakan salah satu terobosan baru bagi KPU Kabupaten Kediri, setelah sebelumnya juga sempat memperkenalkan rumah pintar digital pemilu.

Menurut Nanang Qosim selaku Komisioner divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Kediri, dengan adanya rumah pintar pemilu digital semua orang bisa mengakses informasi. Sehingga mereka yang terkendala jarak tidak harus datang ke kantor KPU.

“Kami sekarang menggunakan mobil pintar pemilu, karena tidak semua orang bisa mengakses rumah pintar di KPU, sehingga kami akan menggunakan mobil pintar ini sebagai media untuk menjemput bola. Jadi kami akan hadir di beberapa lokasi yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat,” paparnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (16/2).

Nanang menganggap ini merupakan salah bentuk kepedulian dari KPU Kabupaten Kediri untuk mensosialisasikan penyebaran informasi pengetahuan yang betkaitan dengan demokrasi dan kepemiluan agar dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Kami akan hadir di semua tempat yang kami jangkau, Minimal kami akan hadir di CFD dulu. Nanti ke depan kami juga akan hadir di beberapa tempat yang mungkin bagi mereka yang tidak bisa menjangkau rumah pintar pemilu digital yang ada di kantor,” lanjut Nanang.

Selain piranti digital, di dalam mobil juga tersedia referensi sejumlah buku terkait demokrasi.

Launcing mobil pintar pemilu digital sengaja dipilih di lokasi Desa Wisata Kebun Bibit, tepatnya di Desa Jambu, Kecamatan Kayen Kiduk, Kabupaten Kediri.

Hal ini lantaran di lokasi tersebut banyak berkumpul masyarakat. Selain itu lokasinya dianggap nyaman untuk dilakukan sosialisasi demi suksesnya Pilbup 2020.

Kolom Komentar


Video

Darurat Corona, Dr. Tirta: Ini Saatnya Karantina Wilayah Per Provinsi

Sabtu, 28 Maret 2020
Video

Darurat Corona! Pasien Ini Ciptakan Lagu Nge-Rap Setelah Sembuh Dari Covid-19

Minggu, 29 Maret 2020