Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rilis Akbar Faizal Bukti Jargon Nasdem 'Politik Tanpa Mahar' Hanya Isapan Jempol

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 17 Februari 2020, 17:43 WIB
Rilis Akbar Faizal Bukti Jargon Nasdem 'Politik Tanpa Mahar' Hanya Isapan Jempol
Akbar Faizal/Net
rmol news logo Tagline atau jargon Partai Nasdem "politik tanpa mahar" yang sering didengung-dengungkan dan dibangga-banggakan hanya isapan jempol.

Nagara Institute (NI) yang dibidani politisi PartaiNasdem Akbar Faizal memotret, Partai Nasdem adalah partai politik peringkat pertama yang terpapar dinasti politik hasil pemilihan anggota DPR 2019.

"Politik mahar Partai Nasdem ada pada dinasti politik. Jadi, 'politik tanpa mahar' hanya jargon semata, isapan jempo," kata Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies, Jerry Massie, Senin (17/2).

Temuan NI, sebanyak 17,22 persen hasil pileg DPR 2019 terpapar dinasti politik. Atau, sebanyak 99 dari 575 anggota legislatif terpilih memiliki hubungan dengan pejabat publik.

Partai Nasdem (33,90 persen), Partai Golkar (31,58 persen), PDI Perjuangan (21,18 persen), Partai Gerindra (18,52 persen), Partai Demokrat (18,18 persen), PAN (16,67 persen), PPP (13,28 persen), PKS (8 persen), dan PKB (5,17 persen).

Menurut Jerry, ujung dari kekhawatiran politik dinasti dan oligarki politik adalah korupsi, dan penguasaan ekonomi pada pihak-pihak tertentu. Dan muaranya akan berdampak buruk pada jalannya demokrasi.

Ditambahkan dia, sebenarnya politik dinasti tidak bisa dihindari sepenuhnya. Karena politik dinasti itu bukan hal yang haram. Tapi harus bisa dipastikan, yang melakukan praktik dinasti harus punya kemampuan, kualitas dan pengalaman.

"Itu masih bisa ditolerir. Bukan untuk memperluas kekuasaan, menutup-nutupi kebusukan, menyimpan rahasia negatif," tutup Jerry. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA