Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelar Paripurna Besok, Pemilihan Cawagub DKI Diputus Tertutup

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 18 Februari 2020, 14:34 WIB
Gelar Paripurna Besok, Pemilihan Cawagub DKI Diputus Tertutup
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik/RMOL
rmol news logo Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) terkait tata tertib (Tatib) dewan dan pemilihan calon wakil gubernur (Cawagub) akhirnya diselesaikan DPRD DKI Jakarta setelah sebelumnya mandek.

"Tata tertib DPRD dan pemilihan wakil Gubernur Insya Allah besok jam 13.00 WIB kami (dibahas dalam) rapat paripurna sebagaimana ketentuan harus disahkan dalam paripurna tatib itu," ungkap Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik seusai Rapimgab di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (18/2).

Ia menjelaskan, proses Rapimgab sempat terjadi perdebatan di kalangan dewan mengenai mekanisme pemilihan apakah akan dibuat secara terbuka atau tertutup.

"Saya dan beberapa kawan-kawan ingin terbuka. Kenapa terbuka? Supaya transparan ke publik. Kan tuntutannya transparan, kita terbuka saja," tegas Taufik.

Namun berdasarkan kesepakatan mufakat anggota dewan dan juga merujuk kepada hasil Pansus Cawagub periode lama, maka diputuskan pemilihan cawagub tetap dibuat tertutup.

"Tadi ada perdebatan, kemudian disepakati mengikuti hasil Pansus yang lama yaitu tertutup," pungkas Taufik.

Tertutup yang dimaksud bukan dalam artian pemilihan tersebut tidak boleh diliput dan disaksikan masyarakat, melainkan pemilihan tersebut dilakukan secara voting di atas kertas dan surat suara tersebut dimasukan ke dalam kotak. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA