Siang Ini, Tatib Dewan Dan Pemilihan Cawagub Disahkan Paripurna DPRD DKI

Rabu, 19 Februari 2020, 10:43 WIB
Laporan: Ahmad Alfian

DPRD DKI akan rapat paripurna terkait pemilihan wagub/Net

Proses pemilihan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta hampir mendekati akhir. Hari ini, Rabu (19/2), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta akan menggelar rapat Paripurna yang beragendakan penyampaian hasil pembahasan Rancangan Peraturan DPRD dan pengesahan soal Tata Tertib (Tatib) Dewan dan Pemilihan Calon Wakil Gubernur.

Rencananya, rapat akan dilakukan di Ruang Rapat Paripurna DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat dan dijadwalkan dimulai pukul 13.00 WIB.

Paripurna hari ini menjadi satu titik penting menuju pemilihan Cawagub. Setelah pada Senin dan Selasa kemarin sudah dilakukan Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) yang membahas seputar Tata Tertib Dewan dan Pemilihan Cawagub.

Dalam Rapimgab disepakati, Pemilihan Cawagub akan dilakukan melalui mekanisme voting tertutup. Kemudian Fit and Proper Test ditiadakan, namun diganti dengan sesi tanya jawab terhadap masing-masing kandidat dari setiap fraksi.

Ada pun kandidat Wagub DKI adalah Nurmansjah Lubis dari PKS dan Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra.

Setelah paripurna hari ini, proses berikutnya adalah pembentukan Panitia Pemilihan (Panlih). Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik menjelaskan, Panlih akan mengambil satu perwakilan dari tiap fraksi.

"Mulai besok pimpinan bersurat ke fraksi-fraksi untuk mengutus satu orang menjadi anggota. Jumlahnya ada sembilan, per fraksi satu orang," jelas Ketua Gerindra Jakarta itu, Selasa kemarin (18/2), saat ditemui di Gedung DPRD DKI.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Darurat Corona, Dr. Tirta: Ini Saatnya Karantina Wilayah Per Provinsi

Sabtu, 28 Maret 2020
Video

Darurat Corona! Pasien Ini Ciptakan Lagu Nge-Rap Setelah Sembuh Dari Covid-19

Minggu, 29 Maret 2020