Pengamat: AHY Pilihan Rasional Bangkitkan Kekuatan Politik Demokrat

Rabu, 19 Februari 2020, 15:16 WIB
Laporan: Angga Ulung Tranggana

Agus Harimurti Yudhoyono/Net

Wacana persiapan Kongres Partai Demokrat (PD) terus menguat. Setelah Ketum DPP PD Susilo Bambang Yudhoyono yang juga Presiden RI ke-6 mengisyaratkan akan “mandito ratu”, berbagai spekulasi tentang siapa calon pemimpin partai penguasa (2004-2014) itu mulai bermunculan.

Pengamat politik Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam menyatakan bahwa regenerasi kepemimpinan di internal PD ini sangat krusial.

Menurutnya, Agus Harimurti Yudhoyono adalah sosok potensial untuk membangkitkan kekuatan politik Demokrat.

Umam melihat sosok AHY akan memiliki dampak signifikan terhadap elektabilitas partai berlambang mercy itu.

"Banyak kader muda PD yang potensial. Tetapi nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tampaknya akan menjadi pilihan paling rasional untuk menjaga efektivitas mesin politik dan elektabilitas partai di Pemilu-pemilu mendatang," demikian kata Umam saat dikonfirmasi Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (19/2).

Lebih lanjut, Umam menjelaskan merosotnya perolehan Demokrat karena purnanya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dari jabatan Presiden. Akibatnya, partai Demokrat dihadapkan pada krisisnya figur utama dalam kontestasi Pilpres 2014 dan 2019.

"Pemilu 2009 menjadi puncak kejayaan PD dengan memperoleh suara 20.85 persen, sebagai hasil efek ekor jas (coat-tail effect) dari tingginya kepuasan publik terhadap pemerintahan SBY periode pertama (2004-2009)," pungkasnya.

Kolom Komentar


Video

Darurat Corona, Dr. Tirta: Ini Saatnya Karantina Wilayah Per Provinsi

Sabtu, 28 Maret 2020
Video

Darurat Corona! Pasien Ini Ciptakan Lagu Nge-Rap Setelah Sembuh Dari Covid-19

Minggu, 29 Maret 2020