AHY Rajin Turun Ke Daerah Karena Gerilya SBY

Rabu, 19 Februari 2020, 21:02 WIB
Laporan: Idham Anhari

SBY dan AHY/Net

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) putra sulung Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang belakangan rajin turun untuk menyapa kader di daerah atau konsolidasi bisa diartikan sebagai bentuk gerilya SBY yang direpresentasikan oleh AHY.

Begitu pandangan analis politik Universitas Islam Syech Yusuf Tangerang, Miftahul Adib kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (19/2).

“Figur ketum Demokrat SBY yang juga merupakan ayah AHY, tak bisa dipungkiri, mempunyai andil penting terhadap konsolidasi yang dilakukan AHY,” kata Adib.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh AHY sebuah rangkaian langkah politik pensiunan Mayor TNI itu di kancah perpolitikan nasional.

Meskipun hingga saat ini AHY belum secara terbuka menyatakan bahwa dirinya bakal ikut dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024 yang akan datang.

“Politik itu dinamis, ketokohan sedang dibangun oleh AHY. Ingat juga, saat dia dimajukan sebagai Cagub DKI merupakan salah satu 'tes ombak' bagi publik,” pungkas Adib.

Upaya untuk mendongkel popularitas AHY juga telah dilakukan oleh Partai Demokrat yang mengambil jalan oposisi dimana salah satunya merangkul parpol lain untuk mengusulkan pansus (panitia khusus) untuk mengusut korupsi PT Asuransi Jiwasraya.

“Itu bisa dikatakan mempersiapkan 'panggung' bagi AHY,” imbuhnya.

Dengan begitu, Adib menambahkan, figur AHY bisa terasosiasikan sebagai tokoh oposisi bagi para rakyat Indonesia yang ingin perubahan setelah rezim Joko Widodo berakhir.

Kolom Komentar


Video

Update COVID-19: Luhut dan Jokowi Satu Suara Virus Corona Tidak Cocok Cuaca Panas Indonesia

Jumat, 03 April 2020
Video

JODHI YUDOYONO: Ketika Membayangkan | Puisi Hari Ini

Jumat, 03 April 2020
Video

Update COVID-19 | Jumat 3 April, Positif 1.986 orang, dan 181 Meninggal

Jumat, 03 April 2020