Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Muhadjir Effendy: Orang Kaya Nikahi Orang Miskin Cuma Saran, Bukan Wajib

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 20 Februari 2020, 17:05 WIB
Muhadjir Effendy: Orang Kaya Nikahi Orang Miskin Cuma Saran, Bukan Wajib
Menko PMK Muhadjir Effendy (tengah)/RMOL
rmol news logo Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mendadak menjadi sorotan setelah dirinya menyarankan agar Menteri Agama Fachrul Razi menerbitkan regulasi soal pernikahan lintas status sosial.

"Yang miskin wajib cari yang kaya, yang kaya cari yang miskin," kata Muhadjir di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (19/2).

Sontak pernyataan Muhadjir Effendy tersebut mengundang banyak reaksi dari berbagai pihak. Melihat situasi yang kian gaduh, mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu meluruskan.

"Itu kan intermezo, selingan dari ceramah saya. Fatwa itu apa? Fatwa artinya memberi saran, menganjurkan. Jadi jangan dipahami terus wajib segala," ungkapnya saat ditemui di Kantor Kemenko PMK, Kamis (20/2).

Muhadjir menyatakan demikian karena berdasarkan pengamatannya, Indonesia mempunyai problem keluarga miskin. Ada semacam fenomena bahwa mereka yang berkategori miskin akan mencari pasangan yang selevel dengan keluarganya.

"Karena ada kecenderungan kan, keluarga miskin akan cari menantu sesama mereka. Ada bagusnya kalau ada anjuran. Fatwa itu artinya anjuran, kalau yang kaya jangan cari menantu yang kaya juga," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA