Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Harus Pastikan 4 Kru Kapal Diamond Princess Diselamatkan, Bagaimana Pun Caranya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 20 Februari 2020, 22:35 WIB
Pemerintah Harus Pastikan 4 Kru Kapal Diamond Princess Diselamatkan, Bagaimana Pun Caranya
Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay/RMOL
rmol news logo Keputusan pemerintah tak memulangkan empat WNI kru kapal pesiar Diamond Princess yang positif virus corona (Covid-19) diapresiasi anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Meski demikian, pemerintah dituntut memastikan penanganan yang dilakukan otoritas pemerintahan Jepang dilakukan dengan baik.

"Pemerintah harus menyiapkan segala upaya untuk menyelamatkan. Tidak ada urusannya. Karena kan mereka juga tidak mau sakit, kebetulan mereka terkena virus ini," ucap Saleh Partaonan Daulay saat ditemui di Kantor CDCC, Jalan Warung Jati Timur Raya, Jakarta Selatan, Kamis (20/2).

Salah satu upaya baik yang bisa dilakukan pemerintah, menurut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini adalah meningkatkan diplomasi dengan negara tersebut.

Sebab walau bagaimanapun juga, pemerintah memiliki kewajiban melindungi masyakarat Indonesia, baik yang ada di dalam negeri mapun di luar negri.

"Kita menginginkan pemerintah melakukan upaya yang diperlukan untuk melindungi WNI di sana. Bisa jadi tidak pulang (WNI terjangkit corona) tapi bisa diobati. Dipastikan bahwa penanganannya betul," tambahnya.

Sebagai informasi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy telah menegaskan tidak memulangkan empat kru kapal pesiar Diamond Princess itu.

Namun hal itu tak berlaku bagi 74 kru kapal Pesiar Diamond Princess. Mereka akan dipulangkan waktu dekat ini.

"Kalau yang positif tidak boleh (dievakuasi ke Indonesia). Dirawat di sana saja. Sudah dirawat di darat, di beberapa rumah sakit yang ada di Jepang," kata Muhadjir di Istana Negara, Jakarta Pusat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA