Pengembangan UMKM, Cara Anies Baswedan Kurangi Ketimpangan Ibukota

Jumat, 21 Februari 2020, 22:31 WIB
Laporan: Ahmad Alfian

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/Net

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Mayapada Group menyediakan sarana berdagang bagi para UMKM binaan di bawah program Jakpreneur.

Setidaknya, ada 210 gerobak dan 20 booth sebagai program pengembangan kewirausahaan terpadu di Provinsi DKI Jakarta. Penyerahan secara simbolis tersebut dilaksanakan di Balai Agung, Balai Kota Jakarta, Jumat (21/2).

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, gerobak dan booth pemberian Mayapada Group tersebut akan digunakan oleh UMKM binaan Jakpreneur lintas dinas dalam acara pemasaran Jakpreneur, seperti bazar UMKM dan acara pemasaran lainnya.

Sarana tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan untuk membantu pengembangan UMKM di Jakarta dan mendorong kreativitas, semangat inovasi, serta keberanian para wirausaha dalam menjalankan bisnisnya hingga bisa bersaing.

“Kami mendorong masyarakat agar masuk dalam mekanisme pasar untuk terus tumbuh di Jakarta ini menjadi entrepreneur. Hal itu karena Jakarta adalah kota jasa. Peluang pasarnya luar biasa besar di berbagai sektor," tutur Anies Baswedan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menegaskan, program Jakpreneur akan mengurangi ketimpangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Jakarta  karenakan memiliki arah kebijakan untuk membesarkan yang kecil, namun bukan juga mengecilkan yang besar.

Selain itu, Anies menyatakan, tugas negara adalah menyediakan kesetaraan kesempatan (equal opportunity) bagi semua, sehingga setiap orang dapat mengembangkan usahanya dalam iklim pasar yang sehat.

“Dalam menyiapkan equal opportunity itulah, maka pemerintah bermitra dengan berbagai kelompok. Nah, sore ini kita mendapatkan partner yang supportive, yaitu Mayapada Group dengan memfasilitasi booth dan gerobak," tandas Anies.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Pasca Positif COVID-19, kondisi Menteri Perhubungan Budi Karya Membaik

Selasa, 31 Maret 2020
Video

Bupati Bintan Tegas, 39 TKA China Diperintahkan Angkat Kaki

Rabu, 01 April 2020
Video

#DiRumahAja, Ini Perjuangan Tenaga Medis Proteksi Diri Mencegah Penyebaran Virus Corona

Kamis, 02 April 2020