Aceh Minta Dana Otsus Tak Dibatasi, Jokowi Justru Pertanyakan Aliran Dananya

Sabtu, 22 Februari 2020, 15:54 WIB
Laporan: Raiza Andini

Presiden Joko Widodo/RMOL

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah meminta Presiden Joko Widodo untuk tidak membatasi dana otonomi khusus Provinsi Aceh saat membuka acara Kenduri Kebangsaan di Yayasan Sukma Bangsa, Bireun, Aceh, Sabtu (22/2).

Mendapat permintaan tersebut, Presiden Jokowi pun menanggapinya secara langsung dengan membeberkan bahwa dana otonomi khusus Provinsi Aceh tidak sedikit.

“Kita tahu Aceh mendapat dana otsus yang tidak sedikit yang itu juga diirikan oleh provinsi yang lain. Saya tadi tanya ke pak gubernur berapa dana otsus kita, Rp. 8 triliun tahun ini plus APBD Rp. 9 triliun. Berarti Rp. 17 triliun,” ucap Jokowi.

Presiden meminta agar pengelolaan anggaran dana otsus tersebut penting disampaikan kepada masyarakat dan juga pemeritnah pusat.

“Saya hanya ingin mengatakan bahwa apapun yang namanya pengelolaan anggaran itu sangat penting sekali. Uang Rp. 17 triliun itu juga uang yang sangat gede sekali plus APBD yang ada di kabupaten dan kota,” jelasnya.

Terakhir, Presiden Joko Widodo justru mempertanyakan bagaimana dan ke mana dana otsus yang selama ini pemerintah berikan kepada masyarakat.

“Tapi bagaimana tata kelolanya, bagaimana governmentnya, apakah APBD itu tepat sasaran, bermanfaat untuk rakyat, dirasakan oleh rakyat, itu yang masih menjadi tanda tanya saya. Saya ngomong apa adanya,” tandasnya.

Kolom Komentar


Video

Gunung Merapi Meletus, Magelang Diguyur Hujan Abu

Jumat, 27 Maret 2020
Video

JAJANG C. NOER : Ketika Ayah | Puisi Hari Ini

Jumat, 27 Maret 2020