Tanggapi Salam Pancasila, PKS: Jangan Dibenturkan Dengan Assalamualaikum!

Minggu, 23 Februari 2020, 22:06 WIB
Laporan: Jamaludin Akmal

Jubir PKS Indra/RMOL

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) angkat bicara soal pernyataan Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi yang kembali membuat gaduh ditengah masyarakat.

Jurubicara PKS, Indra menilai ucapan salam dalam Islam sesuai tuntunan Rasulullah SAW ialah Assalamualaikum. Sehingga tidak ada korelasinya diubah menjadi salam Pancasila seperti yang disampaikan Yudian.

"Kalau anda ingin beribadah sesuai dengan tuntutannya, Rosul menyatakan tebarkan salam, artinya tidak ada korelasi antara assalamualaikum lantas dirubah. Kalau ini (pernyataan Yudian) menurut saya sesuatu yang justru patut dipertanyakan," ucap Indra kepada Kantor Berita Politik RMOL saat ditemui di Hotel Grand Alia Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (23/2).

Karena kata Indra, salam apapun tidak ada yang melarang. Namun Indra mengingatkan agar segala salam tidak dibenturkan salam dalam Islam yakni Assalamualaikum.

"Kalau dia punya salam sendiri ya salam sendiri saja. Gak ada yang dilanggar. Cuma salam Pancasila ya salam Pancasila, saya pikir salam apapun boleh tapi jangan dibenturkan dengan assalamualaikum," tegas Indra.

Dengan demikian, Indra mengaku mempertanyakan pernyataan Yudian yang kembali membuat gaduh ditengah-tengah masyarakat setelah menyatakan agama merupakan musuh Pancasila.

"Kalau dia adalah mengaku adalah seorang akademis dari sebuah intitas Islam, patut dipertanyakan," pungkasnya.

Kolom Komentar


Video

Update COVID-19: Luhut dan Jokowi Satu Suara Virus Corona Tidak Cocok Cuaca Panas Indonesia

Jumat, 03 April 2020
Video

JODHI YUDOYONO: Ketika Membayangkan | Puisi Hari Ini

Jumat, 03 April 2020
Video

Update COVID-19 | Jumat 3 April, Positif 1.986 orang, dan 181 Meninggal

Jumat, 03 April 2020