Anies Bisa Dengan Mudah Duduki RI Satu Asal Jakarta Beres

Senin, 24 Februari 2020, 01:19 WIB
Laporan: Diki Trianto

Gubernur Anies Baswedan/Net

Hasil riset yang menempatkan Anies Baswedan sebagai sosok yang paling potensial di antara kepala daerah lain untuk menjadi Presiden RI masa depan diamini oleh Direktur Arus Survei Indonesia, Ali Rifan.

Menurut Ali Rifan, kans Anies sebagai RI satu tak bisa lepas dari jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Namanya Jakarta kan etalase Indonesia. Kalau enggak DKI, enggak terlalu potensial saya kira," kata Ali Rifan kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (23/2).

Namun demikian, Anies juga perlu benar-benar bekerja jika memang berhasrat menduduki takhta RI satu. Salah satu bentuk nyata yang harus dilakukan adalah pembenahan Jakarta.

"Anies harus serius benerin Jakarta, membenahi Jakarta adalah kampanye strategis secara statistik akan menjemput simpati publik. Kalau berhasil, ini akan mudah merebut kursi presiden RI," sambungnya.

"Jika Anies ingin leading di Pilpres 20204, pilihannya harus menyusksekan kepemimpinnan di Jakarta," tandasnya.

Dalam survei yang dirilis Indo Barometer, Anies menempati posisi teratas dibanding beberapa kepala daerah aktif lain. Anies unggul dengan persentasen 31,7 persen. Posisi kedua ditempati Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan 11,8 persen.

Kemudian posisi selanjutnya ditempati Walikota Surabaya, Tri Rismaharini dengan 9,9 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 8,2. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa 5,6 persen, dan Nurdin Abdullah 0,8 persen.

Survei tersebut dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia yang meliputi 34 provinsi. Jumlah sampel pada survei ini sebanyak 1200 responden dengan margin of error sebesar kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Update COVID-19: Luhut dan Jokowi Satu Suara Virus Corona Tidak Cocok Cuaca Panas Indonesia

Jumat, 03 April 2020
Video

JODHI YUDOYONO: Ketika Membayangkan | Puisi Hari Ini

Jumat, 03 April 2020
Video

Update COVID-19 | Jumat 3 April, Positif 1.986 orang, dan 181 Meninggal

Jumat, 03 April 2020