Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pembelahan Suara Capres 02 Pilpres 2019 Lari ke Prabowo, Sandi Dan Anies

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 24 Februari 2020, 15:37 WIB
Pembelahan Suara Capres 02 Pilpres 2019 Lari ke Prabowo, Sandi Dan Anies
Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun/RMOL
rmol news logo Lembaga Survei Median merilis hasil survei terbaru terkait prediksi calon presiden pada 2024. Salah satu hasilnya menunjukkan peralihan suara pasangan capres Pilpres 2019 nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun mengatakan, pendukung Prabowo-Sandi masih termobilisasi dengan baik. Dengan kata lain, tidak mengalihkan dukungannya ke tokoh lain di luar koalisi.

"Pemilih yang termobilisasi dengan baik pemilihnya Prabowo-Sandi, memilih tiga orang," sebut Rico Marbun dalam jumpa pers hasil survei Median, di Upnormal Coffee Roasters Raden Saleh, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (24/2).

Lebih lanjut, Rico Marbun menyebutkan tiga nama tokoh nasional, yang dalam surveinya mendapatkan suara dari pendukung paslon 02 Pilpres 2019.

"Dari data ini terlihat pemilih yang termobilasi dengan baik baru pemilih Prabowo-Sandi. Rata-rata memilih tiga orang, yaitu Prabowo, Anies dan Sandi. Dan angkanya besar-besar," sebut Rico Marbun.

Mengutip tabel persentasi survei Median yang diurai Rico Marbun dalam rilis hari ini, Prabowo Subianto mendapatkan tingkat elektabilitas sebesar 33,7 persen. Kemudian diurutan kedua terdapat nama Sandiga Uno, dengan tingkat elektabilitas 23,9 persen. Adapun di urutan ketiga terdapat nama Anies Baswedan, dengan tingkat elektabilitas 10,3 persen.  

"Jika digabungkan ketiga nama ini, maka perolehan angka yang berasal dari pendukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019 hampir sekitar 70 persen (67,9 persen)," pungkas Rico Marbun.

Survei Median yang melibatkan 1.200 responden tersebar di 34 provinsi dilakukan pada pekan pertama dan kedua Februari 2020. Metode yang digunakan adalah teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan gender.

Adapun survei ini punya margin of error (moe) sebesar 2,8 persen di tingkat kepercayaan 95 persen. Quality control dilakukan terhadap 20 persen sampel yang ada. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA