Pengamat: Posisi Ketum Demokrat Bisa Nambah Elektabilitas AHY Menuju 2024

Selasa, 25 Februari 2020, 11:13 WIB
Laporan: Faisal Aristama

AHY (kiri) bakal punya bekal bagus menuju 2024 jika menjadi Ketum Partai Demokrat/Net

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, diprediksi akan menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Ketua Umum Partai Demokrat pada Kongres yang digelar Mei mendatang.

Jika putra sulung SBY itu menjadi Ketum Demokrat, maka jadi tambahan bekal untuk menghadapi Pilpres 2024. Sebab, status Ketum Demokrat pasti akan menambah elektabilitas AHY.

Begitu kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL di Jakarta, Selasa (25/2).

"AHY salah satu yang juga potensial maju 2024. Bekal utama nyapres 2024 itu elektabilitas. Arah mata angin kecenderungan Ketum Demokrat ke AHY," kata Adi Prayitno.

Menurut pengamat politik dari UIN Syarief Hidayatullah Jakarta ini, sosok AHY layak diperhitungkan oleh semua pihak. Termasuk para penantangnya di Pilpres 2024 mendatang, seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"AHY layak diperhitungkan," ucapnya.

Karena itu, Adi Prayitno menilai elektabilitas AHY perlu ditingkatkan kembali untuk meraih simpati publik dan bekal di Pilpres 2024. Salah satunya dengan menjadi Ketua Umum Partai Demokrat.

"Elektabilitas itu bekal nyapres 2024. Itu berlaku pada siapa pun yang ingin maju. Tak bisa ditawar. Tinggal kerja politik maksimal menambah elektabilitas. Itu tantangan utamanya," demikian Adi Prayitno.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Update COVID-19: Luhut dan Jokowi Satu Suara Virus Corona Tidak Cocok Cuaca Panas Indonesia

Jumat, 03 April 2020
Video

JODHI YUDOYONO: Ketika Membayangkan | Puisi Hari Ini

Jumat, 03 April 2020
Video

Update COVID-19 | Jumat 3 April, Positif 1.986 orang, dan 181 Meninggal

Jumat, 03 April 2020