Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usai Dilantik Jadi Bupati Talaud, Elly Lasut Bakal Temui Gubernur Sulut Olly Dondokambey

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 26 Februari 2020, 19:34 WIB
Usai Dilantik Jadi Bupati Talaud, Elly Lasut Bakal Temui Gubernur Sulut Olly Dondokambey
Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Talaud, Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga/RMOL
rmol news logo Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Talaud oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Rabu ini (26/2).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pelantikan ini dilakukan Kementerian Dalam Negeri setelah tidak mendapat kejelasan pelantikan keduanya, yang seharusnya dilakukan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Olly Dondokambey menunda pelantikan Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga selama hampir satu tahun, sejak Pilkada 2018 selesai dilaksanakan.

Ternyata, Olly Dondokambey memiliki alasan tidak melantik pasangan bupati-wakil bupati terpilih ini. Yakni, karena dirinya menganggap Elly Engelbert Lasut melakukan pelanggaran pemilu.

Di mana, pelanggaran itu terkait masa periode jabatan bupati yang sudah dilalui Elly Engelbert Lasut sudah mencapai dua periode. Pertama dia terpilih dan dilantik menjadi Bupati Kepulauan Talaud untuk periode 2004-2009. Kedua, ia kembali menjabat sebagai Bupati pada periode 2009-2014.

Persoalan inilah yang kemudian menjadi polemik diantara keduanya. Hal itu nyata terlihat, ketika Olly Dondokambey tidak hadir dalam acara pelantikan Elly Engelbert Lasut hari ini, di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Meski begitu, Elly Engelbert Lasut mengaku akan menemui Olly Dondokambey setelah mendapatkan jabatan yang sah pada hari ini.

"Beliau tidak datang dalam pelantikan, mungkin aja ada halangan. Dan kami yang akan datang kesana untuk menghadap beliau," ucap Elly Engelbert Lasut usai dilantik.

Tak cuma itu, ayah dari politikus Partai Nasdem Hillary Brigitta Lasut ini mengaku, akan merajut hubungan antara pemerintah provinsi Sulawesi Utara dengan Kabupaten Kepulauan Talaud.

"Jadi langkah kami yang pertama adalah kami tetap mencoba untuk membangun kembali hubungan ini menjadi lebih baik. Yang pasti kami akan datang ke beliau untuk melaporkan bahwa kami telah dilantik oleh pemerintah pusat," ujar Elly Engelbert Lasut.

"Dan kami akan minta bimbingan dan arahan beliau sebagai Gubernur Sulawesi Utara, dalam melaksanakan tugas di Kabupaten Talaud," sambungnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.