Bicarakan Soal Kerugian, Menhub: Mulai Besok Penerbangan Ke Arab Saudi Ditunda

Kamis, 27 Februari 2020, 19:22 WIB
Laporan: Ahmad Alfian

Menhub Budi Karya Sumadi/Net

Pemerintah Indonesia belum bisa menginformasikan kerugian atas penundaan penerbangan sementara waktu ke Arab Saudi yang ditangguhkan karena penyebaran virus Novel Korona  (Covid-19).

Demikian yang disampaikan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi (BKS) saat ditemui seusai rapat koordinasi tingkat Menteri di ruang rapat lantai 8 Kemenko PMK, di Jalan Medan Merdeka Barat No 3, Jakarta Pusat

"Jadi saya jelaskan bahwa kalaupun ada satu keputusan yang memutuskan bukan kita, tetapi Arab Saudi dan itu sudah memperhitungkan fatal yang diambil risikonya," ungkapnya Kamis (27/2).

Atas dasar hal tersebut, BKS menjelaskan bahwa mulai besok, penerbangan ke Arab Saudi baik untuk kunjungan umrah atau pun ziarah sementara waktu di tunda sampai ada keputusan baru dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Hal itu diputuskan, karena pemerintah Indonesia lebih mengutamakan keselamatan warganya untuk mengantisipasi penularan virus korona yang bermula dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

BKS juga memaparkan penerbangan umrah dari Indonesia ke Arab Saudi itu berjumlah lebih dari 100 flight dalam satu minggu.

"Jadi kira-kira satu hari itu 13 flight," terangnya.

Oleh sebab itu, sesuai dengan sikap pemerintah bahwa akan ada rapat koordinasi lanjutan untuk membicarakan sejumlah hal terutama hak-hak para jamaah umrah itu agar mereka terlindungi.

"Terus kita baru ngomong lagi tentang kerugian dan sebagainya kita akan membahas," tandas BKS.

Kolom Komentar


Video

Update Covid-19 Sabtu 28 Maret, Positif 1.155 orang, dan 102 Meninggal

Sabtu, 28 Maret 2020
Video

Darurat Corona, Dr. Tirta: Ini Saatnya Karantina Wilayah Per Provinsi

Sabtu, 28 Maret 2020